Usut Kematian Golfrid Siregar, Walhi Sumut Bentuk Tim Investigasi

Stepanus Purba ยท Selasa, 15 Oktober 2019 - 17:56 WIB
Usut Kematian Golfrid Siregar, Walhi Sumut Bentuk Tim Investigasi

Direktur Walhi Sumut Dana Tarigan. (Foto: iNews.id/Stepanus Purba)

MEDAN, iNews.id - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumatera Utara (Sumut) membentuk tim investigasi untuk mengusut kasus kematian Golfrid Siregar. Tim ini terdiri atas anggota Walhi, kuasa hukum keluarga dan organisasi koalisi masyarakat sipil.

Direktur Walhi Sumut Dana Tarigan mengatakan, ada sebanyak 17 orang yang masuk dalam tim investigasi tersebut. Mereka nantinya akan bergerak untuk mengumpulkan sejumlah fakta-fakta tewasnya kuasa hukum Walhi Sumut Golfrid Siregar.

"Tim investigasi ini akan bergerak independen mengumpul fakta-fakta hingga lusa  ini (Kamis). Hasil temuan ini akan kami berikan juga kepada penyidik," katanya, Selasa (15/10/2019).

BACA JUGA: Walhi Sumut Nilai Polisi Terburu-Buru Menyimpulkan Sebab Kematian Golfried Siregar

Tak hanya itu, Dana juga berharap Polda Sumut membentuk tim pencari fakta (TPF) independen untuk mengungkap kematian Golfrid. TPF ini menurutnya harus melibatkan koalisi masyarakat sipil dan keluarga korban. Hal ini dinilai akan memudahkan langkah untuk mengungkap kejadian yang sesungguhnya.

“Semua ini kembali ke polisi. Kami ajukan pembentukan TPF ini agar penanganan kasus akuntabel, transparan dan tidak saling curiga," ucapnya.

Kendati demikian, Dana menegaskan pihaknya sampai saat ini masih menunggu hasil visum dan autopsi Golfrid.

"Kami juga menunggu petugas menjelaskan puzzle-puzzle terkait kematian polisi yang belum diungkap sampai saat ini," tuturnya.

Sebelumnya, Walhi Sumut menilai polisi tergesa-gesa dalam menyimpulkan penyebab kematian Golfrid Siregar. Karena hingga saat ini, keluarga maupun Walhi belum juga menerima hasil visum korban.


Editor : Donald Karouw