Viral, Pengendara Motor Bentak Polisi karena Tak Terima Ditilang

Stepanus Purba ยท Jumat, 08 November 2019 - 18:55 WIB
Viral, Pengendara Motor Bentak Polisi karena Tak Terima Ditilang

Polisi merazia motor yang melintas di jalan untuk dicek kelengkapan surat dan dokumennya. (Foto: Dok iNews).

SERGAI, iNews.id - Seorang pengendara motor memarahi polisi dalam razia di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Lubuk Pakam-Perbaungan, Kabupaten Sedang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut). Aksi ini direkam video dan viral di media sosial (medsos) karena pengendara motor tersebut berani membentak petugas.

Dalam video berdurasi 5 menit 12 detik itu, seorang bapak yang sedang seorang pengendara yang membonceng seorang perempuan ini protes dengan nada tinggi. Sedangkan perempuan di belakangnya berusaha menenangkan.

"Polisi itu mengayomi rakyat. Jadilah contoh, apalagi ini razia. Kau harus menjadi contoh untuk masyarakat," kata pengendara motor tersebut memarahi polisi dalam video yang diterima iNews.id, Kamis (8/11/2019).

BACA JUGA: Hindari Razia, Pemotor Ini Tabrak Polisi hingga Terkapar di Bangka Barat

Dia meminta agar polisi piawai dalam menghadapi masyarakat, khususnya pengendara di jalan. Bukan langsung menilang dan menyita dokumen-dokumen kendaraan pengendara tersebut.

"Polisi digaji, supaya kau bisa menjelaskan tidak hanya sebatas menilang, tapi kau beri penjelasan," ujar dia.

Bapak tersebut juga menyebut kalau dirinya merupakan keluarga polisi. Sikapnya berani memerahi petugas Satlantas Polres Sergai ini lantaran ada saudara dan kerabatnya merupakan anggota kepolisian.

Pengemudi Honda Vario BK 3463 AHD ini terus-terusan membentak petugas Polisi. Dia ditilang karena tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) C. Karena temperamen, ada seorang polisi yang menyarankan petugas agar pengendara tersebut dilakukan tes urine. Namun bapak tersebut menolak mentah-mentah.

"Ini pencemaran nama baik. Ini sudah melebar, razia menyangkut pribadi orang," katanya.

BACA JUGA: Hindari Razia Polisi, 2 Pengendara Motor di Bangka Barat Bertabrakan

Setelah ditantang polisi untuk melapor ke polsek terdekat untuk membuat laporan pencemaran nama baik, pengendara tersebut langsung pergi meninggalkan kerumunan razia tanpa mengambil surat tilang.

Kapolres Sergai, AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, membenarkan peristiwa tersebut. Dia mengatakan, insiden ini terjadi saat petugas Satlantas Polres Sergai menggelar Operasi Zebra. Saat diberhentikan polisi, pengendara itu tak bisa menunjukkan SIM C, sehingga petugas menilangnya.

"Iya benar di Kabupaten Serdang Bedagai kejadiannya, lagi razia operasi zebra yang bersangkutan diberhentikan dan ditemukan tidak membawa SIM C," kata Juliarman.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal