Viral, Video Ayah Gendong Bayi dan Putranya Coba Bunuh Diri di Siantar

Dharma Setiawan ยท Jumat, 01 Februari 2019 - 18:57 WIB
Viral, Video Ayah Gendong Bayi dan Putranya Coba Bunuh Diri di Siantar

Seorang warga, Jaka Satria menarik ayah dan dua anaknya yang hendak bunuh diri di Sungai Bah Bolon, Pematangsiantar, Sumut, Kamis (31/1/2019). (Foto: iNews/Dharma Setiawan)

PEMATANGSIANTAR, iNews.id – Aksi nekat seorang laki-laki yang akan melakukan percobaan bunuh diri sambil menggendong bayi dan membawa puteranya di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut), viral di media sosial. Pelaku nyaris terjun ke sungai bersama kedua anaknya, sebelum akhirnya dicegah warga yang melintas di jembatan.

Video amatir warga menunjukkan detik-detik aksi warga berinisial AS sebelum akan melompat dari pinggir jembatan ke Sungai Bah Bolon berarus deras dengan banyak bebatuan itu, Kamis (31/1/2019) sekitar pukul 17.00 WIB.

Warga Pematangsiantar itu awalnya hanya duduk di pinggir jembatan. Entah apa yang ada di benak laki-laki yang sehari-hari bekerja sebagai tukang parkir ini. Diduga, dia mengalami persoalan ekonomi dan rumah tangga. Dia kemudian berdiri sambil memegang anaknya dan bayi di gendongannya, lalu tampak bersiap-siap melompat ke sungai.

BACA JUGA:

Putus Cinta, Pemuda di Pekalongan Nekat Bunuh Diri dan Merekam Aksinya

Divonis Hukuman Mati, Napi Lapas Kesambi Cirebon Pilih Bunuh Diri

Warga yang melintasi jembatan di Jalan MH Sitorus, Pematangsiantar, tampak berusaha membujuk AS agar mengurungkan niatnya bunuh diri. Bahkan, perempuan itu mengajak mereka ke rumahnya. Namun, upaya itu tidak dihiraukan AS.

Beberapa menit kemudian, seorang laki-laki yang berada di dekat lokasi itu tiba-tiba melompati jembatan dan nekat menyelamatkan AS dan dua anaknya sekaligus. Aksi heroik Jaka Satria, seorang pedagang batagor ini mendapat pujian dari netizen.

Pelaku percobaan bunuh diri, AS, yang ditemui Jumat siang tadi (1/2/2019) menolak diwawancarai terkait aksi nekatnya sambil membawa kedua anaknya. Alex hanya meminta agar persoalan itu dilupakan saja.

Namun, dia mengakui perbuatannya dipengaruhi minuman keras. Dia menegaskan tidak akan mengulangi lagi aksi nekatnya. “Ampunlah, enggak lagi. Udah, tutup aja lah (lupakan saja),” kata AS.

Jaka Samudra, pedagang batagor yang melakukan aksi heroik menyelamatkan ayah dan dua anaknya saat melompat ke Sungai Bah Bolon, Pematangsiantar, Sumut, menceritakan kronologi aksinya, Jumat (1/2/2019). (Foto: iNews/Dharma Setiawan)


Sementara Jaka Satria yang dengan berani melompati jembatan dan memeluk ayah bersama dua anaknya itu, mengaku aksinya spontan. Saat dia melewati jembatan dan melihat seorang ayah hendak bunuh diri melompat ke Sungai Bah Bolon, dia hanya ingin menghentikannya.

“Saya sebelumnya mau jemput abang naik motor dari dekat jembatan itu. Di sana macet. Saya lihat ada bapak-bapak gendong anak dan ada anaknya satu lagi. Saya langsung lompati jembatan itu, saya tarik bapak dan dua anaknya. Saya enggak berpikir lama lagi,” kata Jaka Satria.

Jaka mengatakan, saat itu memang dia tidak mengkhawatirkan keselamatannya sendiri. Dia hanya ingin menyelamatkan ayah dan dua anak yang sudah siap-siap melompat. “Saya teringat keponakan saya di Jawa sana. Saya langsung mikir mereka sudah dekat dengan maut, jadi saya langsung lompat dan tarik mereka, trus dibantu warga lain,” kata Jaka Satria.


Editor : Maria Christina