Wisatawan ke Danau Toba Membeludak, Pengunjung Antre di Pelabuhan Ajibata

Stepanus Purba, Dharma Setiawan ยท Sabtu, 08 Juni 2019 - 13:38 WIB
Wisatawan ke Danau Toba Membeludak, Pengunjung Antre di Pelabuhan Ajibata

Antrean kendaraan di Pelabuhan Penyeberangan Ajibata untuk menuju wisata Dana Toba dan Pulau Samosir. (Foto: iNews/Dharma Setiawan)

SIMALUNGUN, iNews.id – Menjelang berakhirnya libur lebaran, ribuan warga memadati kawasan wisata Danau Toba. Tragedi tenggelam Kapal Sinar Bangun setahun silam tak menyurutkan tingkat kunjungan wisatawan ke Pulau Samosir.

Pantauan iNews.id, antrean kendaraan tampak terjadi di lokasi menuju Pelabuhan Penyebrangan Ajibata. Hal ini karena membeludaknya pengunjung, sedangkan jumlah kapal penyeberangan hanya terbatas.

Seorang wisatawan bernama Johan mengaku hanya bisa pasrah menanti giliran dapat menyeberang ke Pulau Samosir. Selain keterbatasan kapal, dia menilai antrean ini disebabkan lambatnya pelayanan di Pelabuhan Ajibata.

"Sistem pelayanannya perlu lebih baik lagi, apalagi dengan jumlah kapal penyeberangan yang hanya sedikit," ujarnya, Sabtu (8/6/2019).

Pengelola Pelabuhan Ajibata mengungkapkan, selama libur lebaran, pihaknya sudah menyeberangkan 750 kendaraan roda empat ke Pulau Samosir. Untuk memaksimalkan pelayanan, ASDP telah menyiapkan 5 kapal ferry untuk melayani para wisatawan.

"Kelima kapal ini melayani wisatawan secara bergantian," kata Staff Ahli Menteri Perhubungan Umar Aris, Sabtu (8/6/2019).

Dia mengungkapkan, mengantisipasi terjadinya kecelakaan selama pelayanan, Kementerian Perhubungan telah melakukan pengawasan ketat terhadap kapal yang beroperasi di Danau Toba. Selain itu, Kemenhub juga telah menyediakan satu Kapal Motor (KM) Ihan Batak untuk melayani para wisatawan menuju sejumlah destinasi wisata di Danau Toba.

"Pengawasan ini kami mulai dari data manifes penumpang, life jacket hingga tidak boleh melewati batas kapasitas kapal," tuturnya.

Diprediksi tingkat kunjungan wisatawan ke Danau Toba masih akan terus meningkat hingga Minggu (9/6/2019). Seiring dengan berakhir masa dan cuti bersama Lebaran 2019.


Editor : Donald Karouw