2 Maskapai Segera Buka Penerbangan YIA - Denpasar dan Lombok

Kuntadi ยท Rabu, 10 Juli 2019 - 14:34 WIB
2 Maskapai Segera Buka Penerbangan YIA - Denpasar dan Lombok

Bandara YIA Kulonprogo. (Foto: Antara).

KULONPROGO, iNews.id – Dua rute penerbangan baru dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), segera dibuka pertengahan Juli. Ada dua maskapai yakni, Batik Air dan Air Asia.

Pelaksana Tugas Sementara GM Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan, penambahan dua rute penerbangan ini akan menjadikan penerbangan di YIA semakin ramai.

"Batik air akan menambah satu rute penerbangan ke Bali. Rencananya penerbangan ini akan dibuka pada pekan depan," kata Pandu kepada wartawan di Kulonprogo, DIY, Rabu (10/7/2019).

Batik Air sendiri sebelumnya melayani YIA - Palangkaraya, YIA - Samarinda dan YIA - Jakarta dua kali dalam setiap harinya. Semua rute yang ada dilayani dengan pulang pergi.

BACA JUGA: Per Oktober, 65 Rute Penerbangan Adisutjipto Pindah ke Bandara YIA

Sementara Air Asia akan membuka penerbangan perdana di bandara YIA, dengan membuka penerbangan ke Lombok.

"Air Asia akan membuka penerbangan perdana ke Lombok," ujar dia.

Dua rute ini sebelumnya sudah ada di bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Namun dengan harga dari YIA yang lebih murah akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penumpang.

Apalagi bandara YIA, banyak diminati penumpang untuk tujuan DIY dan Jawa Tengah selatan, seperti Purworejop Kebumen, Cilacap, Temanggung dan Banjarnegara.

YIA, juga akan mendapatkan pelimpahan rute penerbangan yang selama ini ada di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Setidaknya ada 65 penerbangan yang akan dipindah, ketika YIA nanti sudah full operasional.

BACA JUGA: Akhir Tahun, Penerbangan Bandara Adisutjipto Dipindah ke YIA Kulonprogo

"Bulan Oktober nanti juga ada 65 penerbanga di Adisutjipto akan dipindah ke YIA," ujar Pandu.

Load factor penumpang di YIA semenjak dioperasionalkan pada awal Mei cukup bagus. Untuk rute ke Palangkaraya dan Samarinda ataupun sebaliknya mencapai 65 persen.

Hanya untuk penerbangan YIA-Jakarta dan sebaliknya yang kurang bagus, baru sekitar 50 persen. Banyak penumpang masih memilih untuk turun di Adisutjpto.

Selama bulan Mei, tercatat ada 62 penerbangan di YIA dengan jumlah penumpang mencapai 2.935 penumpang. Sedangkan untuk bulan Juni melonjak dengan 290 penerbanga dengan total penumpang 27.717 orang.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal