Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Kodim 0734/Yogyakarta Jalani Tes Urine

Kuntadi · Senin, 03 September 2018 - 19:05 WIB
Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Kodim 0734/Yogyakarta Jalani Tes Urine

Suasana saat tes urine yang dijalani anggota Kodim 0734/Yogyakarta. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Kodim 0734/Yogyakarta menyatakan perang melawan narkoba. Hal itu diawali dari dalam internal Kodim dengan melakukan tes urine kepada seluruh anggotanya di Makodim bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kota Yogyakarta, Senin (3/9/2018).

“Kami laksanakan mendadak dan tanpa ada sosialisasi sebelumnya,” kata Pasi Intel Kodim 0734/Yogyakarta Lettu Inf Rahmad.

Begitu apel pagi dilaksanakan, langsung dilakukan pengarahan dan pemberitahuan adanya tes urine untuk pencegahan narkoba. Satu per satu anggotanya diberikan wadah untuk diambil sampel dan menjalani pemeriksaan.

Rahmad mengatakan, sebenarnya tes urine in hanya untuk pengamanan saja. Selama ini tidak ada anggotanya yang terindikasi menggunakan narkoba. Namun tidak salah dilakukan tes rutin secara periodik untuk memastikan seluruh anggota TNI bebas dari narkoba.

“Ke depan akan dilaksanakan setiap bulan, bahkan jika memungkinkan dilakukan setiap minggu,” ujarnya.

Rahmad mengimbau agar setiap anggotanya tidak sekali-kali mencoba narkoba. Sebab sekali mencoba akan menyebabkan ketagihan dan mengalami ketergantungan. Tidak hanya merusak mental dan moral, namun kesehatannya juga akan menurun.

“Selain dengan tes urine, kami juga lakukan sosialisais pencegahan dengan mengundang narasumber yang berkompeten,” ucapnya.

Sementara itu, Dandim 0734 Letkol Inf Bram Pramudia mengatakan, tes urine ini menjadi langkah awal untuk mengantisipasi, menghentikan dan menjauhi barang haram tersebut. Kodim terus melakukan pembinaan terhadap mental dan spiritual anggotanya dengan meningkatkan iman dan taqwa.

Dia menuturkan, pengujian kali ini mengacu pada enam parameter, yaitu zat amfetamin, ganja, morfin, benzodiazepin, metamfetamin atau sabu, dan kokain. Jika hasil tes urine prajurit mengandung dari salah satu parameter itu, maka diduga mengkonsumsi narkoba. Namun demikian, dugaan itu belum bisa dipastikan positif. Sebab, harus melalui berbagai tahapan.

“Kalau positif, nanti di tes ulang lagi. Jika hasil tes ulang ternyata masih tetap positif, berarti memang mengkonsumsi narkoba,” tuturnya.


Editor : Donald Karouw