Deklarasi Pemilu Damai, Emak-Emak Pilar Penting Wujudkan Kamtibmas

Kuntadi ยท Minggu, 16 September 2018 - 14:54 WIB
Deklarasi Pemilu Damai, Emak-Emak Pilar Penting Wujudkan Kamtibmas

Para emak-emak ikut menandatangani ikrar pemilu/pilpres damai di Lapangan Margosari, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo, Minggu (16/9/2018). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Perempuan memiliki peran penting dalam mewujudkan suasana aman, damai dan sejuk di di tengah kehidupan masyarakat. Kaum hawa bisa mempengaruhi dan meredakan ketegangan yang terjadi di dalam keluarga dan masyarakat. Tidak salah jika saat ini the power of emak-emak menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam mewujudkan suasana keamanan ketertiban di masyarakat.

“The Power of emak-emak menjadi kekuatan keempat dalam mewujudkan kamtibmas, setelah TNI, Polri dan Masyarakat,” kata Kapolres Kulonprogo, AKBP Anggara Nasution dalam deklasari Pemilu dan Pilpres Damai Aman and Sejuk di Lapangan Margosari, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo, Minggu (16/9/2018).

Emak-emak, kata Kapolres, bisa memengaruhi bapak-bapak dan lingkungan. Mereka mampu menetralisir dan meredakan suasana keluarga yang tengah panas. Begitu juga di masyarakat juga memiliki peran yang penting dalam mewujudkan suasana damai. Untuk itulah, emak-emak harus bijaksana dalam memilih dan memilah berita. Mereka kerap mudah larut dalam mengakses berita di media sosial, yang belum tentu kebenarannya.

“Saat ini media sosial, facebook, instagram maupun twitter seakan menjadi bagian kehidupan perempuan. Banyak sekali berita yang muncul yang kerap menjadi pergunjingan di masyarakat. Pilihlah mana berita yang riil dan bukan hoax,” ucapnya.  

Kapolres juga mengajak perempuan untuk ikut menjaga ketertiban dan suasana aman di masyarakat. Deklarasi damai sengaja dilaksanakan sebelum KPU dan Bawaslu melakukan deklarasi pemilu/pilpres damai agar masyarakat lebih sadar untuk mewujudkan suasana yang kondusif.

Deklarasi ditandai dengan pembacaan ikrar yang diikuti seluruh peserta, dilanjutkan dengan penandatangan ikrar. Selain dari Polri, TNI, Satpol PP, berbagai organisasi lain seperti Pramuka, Senkom, dan juga ibu-ibu diajak untuk ikut menadatangi.

Sebelumnya dilaksanakan senam bersama. Ikut hadir Bupati dan Wakil Bupati Hasto wardoyo-Sutedjo, Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati, dan juga Ketua KPU Kulonprogo M Isnaeni, dan juga ketua Bawaslu Kulonprogo Ria Harlinawati serta ratusan emak-emak dari sekitar Margosari, Pengasih. “Kami (polisi) bersama dengan TNI akan tetap netral dan tidak akan terjebak dalam politik praktis,” ucapnya.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengapresiasi terselenggaranya deklarasi damai ini. Menurutnya, menghadapi pemilu dan juga pilpres akan banyak sekali kepentingan yang muncul di tengah kehidupan masyarakat.

“Masyarakat harus bisa menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani. Jangan sampai ada kepentingan tertentu yang akan mengganggu kelompok dan pribadi. Marilah kita utamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan,” ajak Hasto.

Hasto juga memberikan apresiasi kepada para emak-emak yang ikut hadir. Baginya, emak-emak telah menjadi stabilisator yang mampu menyejukan suasana batin. “Emak-emak ini bisa menyelesaikan di meja makan, rumah, sampai di tempat tidur,” beber Hasto.


Editor : Himas Puspito Putra