VIDEO

Ada Retakan Tanah, Bukit Menoreh rawan Longsor

Budi Utomo ยท Senin, 09 April 2018 - 22:19 WIB
Ada Retakan Tanah, Bukit Menoreh rawan Longsor

Tim survey dari UGM bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo mencari lokasi retakan tanah di Perbukitan Menoreh. (Foto: iNews/Budi Utomo)

KULONPROGO, iNews.id - Pergerakan tanah di Dusun Ngrancah, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo menyebabkan belasan rumah milik warga rusak. Hasil kajian Tim Geologi UGM Yogyakarta dan petugas BPBD kondisi tersebut terjadi karena adanya pelapukan lapisan tanah lempung, di Perbukitan Menoreh.

Tim survey dari UGM bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah menemukan tiga lokasi rekahan tanah di Perbukitan Menoreh. Di Dusun Ngrancah, Pendoworejo, Girimulyo ditemukan rekahan tanah panjang. Saat menyisir perbukitan tim peneliti melihat retakan dan pergerakan tanah yang dapat menimbulkan potensi longsor.

Retakan tanah ini muncul akibat pelapukan tanah lempung. Ini bisa dilihat dari tanda sumber mata air menjadi keruh saat hujan turun. Petugas BPBD Kulonprogo telah melakukan antisipasi dengan sosialisasi, serta pemasangan alat pendeteksi dini di zona merah rawan longsor. Jika hujan dengan intensitas tinggi masih terjadi, warga sekitar diminta mengungsi untuk mencegah jatuhnya korban jiwa.

Sebelumnya, belasan rumah warga rusak di bagian tembok dan lantai,  akibat terjadinya pergeseran tanah.

 

Video Editor: Kuntadi


Editor : Himas Puspito Putra