Angin Kencang Landa 5 Kecamatan di Sleman, 12 Luka-Luka Tertimpa Pohon

Antara ยท Rabu, 13 Maret 2019 - 19:49 WIB
Angin Kencang Landa 5 Kecamatan di Sleman, 12 Luka-Luka Tertimpa Pohon

Pohon tumbang menimpa mobil di Jalan Abu Bakar Ali Kota Yogyakarta beberapa waktu lalu akibat angin kencang. (Foto: DOk.iNews.id)

SLEMAN, iNews.id - Angin kencang melanda lima kecamatan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (13/3/2019) sore. Bencana itu mengakibatkan puluhan pohon tumbang, puluhan rumah rusak dan 12 orang mengalami luka-luka.

Kelima kecamatan yang dilanda angin kencang tersebut yakni, Pakem, Ngaglik, Ngemplak, Turi dan Kecamatan Kalasan. Salah satu lokasi kejadian yaitu di Dusun Kledokan, Umbulmartani tepatnya di Jalan Kaliurang Km 16.

"Korban luka antara lain atas nama Haryanto warga Muntilan yang mengalami cidera pada kaki," kata anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Sleman Heru Asmara di lokasi kejadian.

Menurut dia, hujan mulai turun sekitar pukul 13.30 WIB, kemudian sekitar pukul 14.15 itu angin mulai bertiup kencang. "Angin kencang merobohkan pohon Munggur yang berdiameter satu meter,” ucapnya.

Pohon tersebut melintang di jalan dan menutup akses kendaraan dan mengakibatkan tiga motor dan satu mobil rusak. "Satu orang korban luka yaitu Haryanto kemudian kami larikan ke RS Panti Nugroho," katanya.

BACA JUGA: Hujan Deras dan Angin Kencang Landa Yogya, Pohon Tumbang Timpa 2 Mobil

Menurut Heru, angin kencang juga menerjang daerah Pulowatu, Pakem yang mengakibatkan tujuh korban luka dan rumah Joglo rusak tertimpa pohon kelapa yang tumbang. "Mereka saat kejadian sedang membangun rumah, lalu tertimpa pohon kelapa. Saat ini juga dirawat di rumah sakit," katanya.

Bencana tersebut juga sempat menutup ruas Jalan Kaliurang selama dua jam mulai pukul 14.30-17.30 WIB. Ruas jalan tersebut bisa kembali dibuka setelah anggota TRC BPBD memotong pohon melintang dibantu anggota kepolisian.

BPBD juga mengerahkan satu unit backhoe untuk melakukan evakuasi pohon yang melintang. Juga untuk mengevakuasi satu warung yang ikut terangkat saat kejadian angin kencang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman mengatakan, kejadian angin kencang tersebut mengakibatkan 12 orang luka-luka. "Korban luka-luka semuanya mendapat perawatan di RS Panti Nugroho Pakem," katanya.


Editor : Kastolani Marzuki