Antisipasi Musim Hujan, KPU Kulonprogo Kemas Kotak Suara Dalam Plastik

Kuntadi ยท Senin, 11 Februari 2019 - 18:00 WIB
Antisipasi Musim Hujan, KPU Kulonprogo Kemas Kotak Suara Dalam Plastik

Sejumlah kotak suara sedang dikemas dengan plastik agar tahan air dan mengantisipasi hujan di gudang KPU Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo mulai menyiapkan kotak suara yang akan dipergunakan pada Pemilu 2019. Dalam pengemasannya, kotak suara dibungkus plastik besar di sisi luar dan dalam untuk melindunginya jika terjadi hujan dan agar tahan air.

“Hari ini kami mulai sudah siapkan (kotak suara). Kami targetkan tujuh hari ini selesai,” ujar Ketua KPU Kulonprogo Ibah Mutiah, Senin (11/2/2019).

Dia menjelaskan, pemilu di April mendatang, ada 1.358 tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Kulonprogo. Setiap TPS harus disiapkan lima kotak suara sehingga dibutuhkan sedikitnya 6.442 kotak.

BACA JUGA: 5 KPU di DIY Mulai Rakit Kotak Suara Pemilu 2019

Dalam penyiapannya, KPU Kulonprogo melibatkan tujuh orang yang dibayar secara borongan. Satu orang ditargetkan bisa menyelesaikan 100 sampai 150 kotak setiap harinya. “Tadi kami sudah siapkan layout-nya dengan pembagian setiap dapil,” kata Ibah.

Dia menuturkan, sengaja mengemas setiap kotak dengan plastik besar di sisi luar agar lebih aman dan tahan terhadap air. Nantinya setiap kotak suara juga akan dikemas dalam plastik di bagian dalam.

Sesuai dengan hasil koordinasi dengan KPU pusat, rencana logistik pemilu akan dicetak pada 9 Maret 2019. Selang dua hari, logistik ini akan mulai didistribusikan ke daerah dan diharapkan pada 13 Maret 2010, semua logistik sudah sampai di tujuan.

“Khusus bilik suara ada yang menggunakan karton tetapi ada yang menggunakan bilik bekas pemilu tahun lalu,” ucapnya.


Editor : Donald Karouw