Bantu Petani Kuloprogo, Caleg Perindo Bagikan 2.000 Benih Sengon Laut

Kuntadi ยท Kamis, 14 Februari 2019 - 15:58 WIB
Bantu Petani Kuloprogo, Caleg Perindo Bagikan 2.000 Benih Sengon Laut

Caleg Perindo untuk DPR RI Fransisca A Kumurur secara simbolis saat menyerahkan bantuan benih pohon sengon laut bagi petani Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Komitmen Partai Perindo dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terus ditunjukkan dengan tindakan nyata, khususnya bagi kalangan petani. Untuk membantu warga, sejumlah calon anggota legislatif (caleg) Perindo di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membagikan 2.000 bibit tanaman sengon laut.

Secara simbolis pembagian bibit sengon laut ini diberikan caleg Perindo untuk DPR RI Fransisca A Kumurur, didampingi caleg Perindo dapil I Kulonprogo (Wates, Temon, Panjatan) Dwi Marsudi di Posko pemenangan wilayah Punukan, Wates, Rabu (13/2/2019). Mereka yang mendapat bantuan yakni warga di 5 dapil di Kulonprogo.

"Ada 2.000 bibit sengon laut yang kami bagikan untuk masyatakat Kulonprogo," ujar caleg Fransisca.


Menurutnya, Perindo mempunyai tekad besat mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dia mengungkapkan, jauh sebelum masa kampanye, Ketua Umum (Ketum) Perindo Hary Tanoesoedibjo telah mendistribusikan bantuan gerobak bagi PKL di seluruh Indonesia. Ini menjadi salah satu upaya untuk mengembangkan UMKM sebagai pilar ekonomi masyarakat kalangan bawah.

BACA JUGA: Caleg Partai Perindo Siap Perhatikan Nasib Nelayan di Kulonprogo

Di samping itu, para caleg juga aktif mendampingi para pelaku UMKM dalam pengembangam produk hingga jaringan pemasaran. Begitu juga dengan upaya pemberdayaan masyarakat terus memberikan pelatihan kewirausahaan kepada masyarakat.

"Tadi pagi kami juga menemui nelayan di Pantai Bugel untuk mendengarkan keluhan dan aspirasi meraka," ucapnya.

Sementara itu, caleg DPRD kabupaten Kulonprogo dapil I Dwi Marsudi mengatakan, sengon laut merupakan tanaman yang mudah berkembang. Pohonnya dalam waktu kurang dari lima tahun sudah akan besar dan bisa dipanen.

"Kami memilih sengon laut karena berkembangnya cepat dan secara ekonomis harganya tinggi," kata Marsudi.

Dia menjelaskan, budidaya sengon laut juga bisa menjadi bagian dari tabungan petani. Tanpa perawatan yang sulit, tanaman ini akan tumbuh dan cocok untuk wilayah Kulonprogo sehingga disela menggarap lahan, petani bisa memiliki tabungan berupa pohon. Dan ketika dibutuhkan, akan bisa langsung dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Seorang warga bernama Kamilah mengaku cukup senang dengan bantuan benih sengon laut dari Partai Perindo tersebut. Selama ini dia mengaku tak sekalipun ada partai politik (parpol) yang peduli terhadap warga seperti yang dilakukan Perindo.

“Senang sekali ada bantuan sengon laut. Nanti akan saya tanam karena berkembangnya cukup cepat," tuturnya.


Editor : Donald Karouw