Bawaslu Kulonprogo Rekomendasikan Pencoblosan Ulang di 2 TPS

Kuntadi ยท Jumat, 19 April 2019 - 15:02 WIB
Bawaslu Kulonprogo Rekomendasikan Pencoblosan Ulang di 2 TPS

Ilustrasi TPS untuk pemungutan suara ulang. (Foto: Dok iNews).

KULONPROGO, iNews.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulonprogo merekomendasikan pemungutan suara ulang (PSU) di 2 TPS, masing-masing Kecamatan Wates dan Pengasih.

"Kami menemukan adanya pelanggaran administrasi, karena itu kami mengajukan pencoblosan ulang di Kecamatan Wates dan Pengasih," kata Ketua Bawaslu Kulonprogo, Ria Harlinawati, Jumat (19/4/2019).

Dua TPS yang berpotensi dilakukan pemungutan ulang yakni, TPS 31 Wates dan TPS 02 Margosari. Bawaslu menilai, KPPS melakukan kesalahan tata cara atau prosedur pemungutan suara.

BACA JUGA: Bawaslu Sumbar Rekomendasikan Pemungutan Suara Ulang di 6 Daerah

Untuk TPS 31 Wates, kata dia, ada dua pemilih yang menggunakan e-KTP luar daerah, namun bukan masuk sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Sedangkan di TPS 2 Margosari Pengasih terdapat tiga orang pemilih DPTb yang seharusnya hanya mendapatkan empat surat suara, namun KPPS memberikannya lima surat suara.

"Hanya dua TPS itu yang berpotensi diulang," ujar Ria.

Terkait dengan kejadian kekurang surat suara di beberapa TPS, tidak ada maslaah. Kekurangan sudah terpenuhi dengan mengambil surat suara di TPS lain yang tidak terpakai.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal