Bubur Sayur Lodeh, Menu Wajib Berbuka Puasa di Masjid Kauman Bantul

Kuntadi ยท Minggu, 12 Mei 2019 - 17:30 WIB
Bubur Sayur Lodeh, Menu Wajib Berbuka Puasa di Masjid Kauman Bantul

Bubur lodeh hanya ada saat Ramadan di Masjid Sabilurrosyad Kauman, Pandak, Bantul. Takjil tersebut sudah ada sejak masjid didirikan pada tahun 1570 silam. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

BANTUL, iNews.id – Masjid Sabilurrosyad di Kampung Kauman, Desa Wijirejo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, DIY tiap Ramadan selalu dipadati jamaah.

Selain untuk beribadah dan beriktikaf, mereka juga ingin berbuka puasa di masjid tersebut. Masjid yang dibangun pada 1570 silam itu menyediakan menu berbuka yang khas tiap Ramadan, yakni bubur lodeh. Makanan khas berbuka puasa itu sudah ada sejak masjid tersebut didirikan.

Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Kabupaten Bantul. Dari cerita dan peninggalan yang ada, masjid ini didirikan oleh Panembahan Bodho pada 1570 Masehi.

Panembahan Bodho sebenarnya merupakan bangsawan yang tinggal di lingkungan kerajaan. Namun dia memiih keluar dan berbaur dengan masyarakat biasa meninggalkan kerajaan hingga akhirnya mendirikan masjid tersebut.

Menu takjil bubur sayur lodeh, dibuat oleh takmir masjid di halaman masjid. Tidak hanya warga sekitar, siapa pun boleh ikut menikmati menu ini ketika waktu berbuuka tiba. Biasanya warga akan berdatangan ketika mendekati waktu berbuka sembari mendengarkan pengajian yang diberikan oleh takmir masjid.

“Mulai hari pertama takjil untik berbuka ini, bubur lodeh dengan krecek,” kata Sekretaris Takmir Masjid Sabilurrosyad, Haryadi, Minggu (12/5/2019).

BACA JUGA:

Berburu Bubur Sop di Masjid Raya Al Mashun Medan yang Hanya Ada Saat Ramadan

Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya, Jejak Syiar Islam Laksamana Tiongkok di Jawa

Dia menuturkan, tradisi takjil bubur lodeh sudah berlangsung ratusan tahun. Sejak zaman Panembahan Bodho atau pada abad 16 sekitar 1570 Masehi, tradisi sudah berjalan. "Secara turun temurun tradisi tersebut tetap dilestarikan," ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua