Bulog DIY Pastikan Stok Beras, Minyak Goreng dan Gula Pasir Aman hingga Oktober

Kuntadi ยท Rabu, 15 Mei 2019 - 02:01 WIB
Bulog DIY Pastikan Stok Beras, Minyak Goreng dan Gula Pasir Aman hingga Oktober

Tim Satgas Pangan Polda DIY saat meninjau ketersediaan sembako di sejumlah pasar tradisional. Bulog memastikan stok sembako masih aman hingga Oktober nanti. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjamin ketersediaan bahan pokok di wilayah itu aman sampai dengan bulan Oktober mendatang. Bulog masih memiliki cadangan beras, gula pasir, dan minyak goreng dalam jumlah cukup banyak.

“Stok di gudang kita cukup banyak. Kami perkirakan cukup sampai bulan Oktober,” kata Kepala Bulog Divre DIY, Rini Andrida di Yogyakarta, Selasa (14/5/2019).

Rini memaparkan, saat ini stok beras di gudang Bulog masih ada sekitar 31.000 ton. Begitu juga dengan gula pasir masih tersedia 3.500 ton dan minyak goreng 54.000 liter. Bulog juga memiliki stok cukup untuk tepung terigu yang jumlahnya mencapai 6 ton. Sementara untuk daging kerbau, stoknya sekitar 6 ton.

“Untuk daging kerbau, setiap pekan kita ada kiriman. Stok yang ada disesuaikan dengan kepasitas lemari pendingin,” katanya. 

BACA JUGA:

Gencar Operasi Pasar, Harga Bawang Putih di Kulonprogo Berangsur Turun

Inspeksi Pasar Kramat Jati, Anies: Harga Pangan Stabil Hingga Lebaran

Rini juga mengatakab, harga bawang putih yang sempat melonjak tinggi saat ini sudah mulai menurun di sejumlah pasar tradisional. Setelah operasi pasar, harga terus turun. Kebutuhan bawang putih juga tidak begitu banyak atau melonjak sehingga harga dipekirakan akan terus menurun.  

Sementara Lurah Pasar Beringharjo Timur, Sigit Widodo mengatakan, harga bawang putih di Pasar Beringharjo memang terus menurun. Dalam operasi pasar, Bulog telah menggelontorkan komoditas itu sekitar 5 ton. Hal ini cukup ampuh untuk menekan harga.

“Dulu harga bawang putih sempat di atas Rp50.000 per kilogram. Sekarang harga sudah di bawahnya. Apalagi ada wacana operasi pasar akan terus digelar Bulog,” katanya.

Sigit mengatakan, dari informasi yang dia peroleha, operasi pasar akan terus dilakukan sampai dengan kuota maksimal 30 ton. Namun, saat ini harga sudah mulai berangsur mendekati normal. Untuk bawang putih kating yang sebelumnya menyentuh angka Rp43.000, telah turun di angka Rp36.000 per kg. Begitu juga jenis sincau, turun menjadi Rp37.000 per kg.  

“Harga cabai juga turun bersamaan dengan masa panen sehingga pasokan cukup banyak,” kata Sigit.


Editor : Maria Christina