Bupati Kulonprogo Janjikan IPL Jalur Kereta Bandara YIA Keluar Pekan Ini

Kuntadi ยท Senin, 13 Mei 2019 - 19:30 WIB
Bupati Kulonprogo Janjikan IPL Jalur Kereta Bandara YIA Keluar Pekan Ini

Pemkab Kulonprogo segera menerbitkan IPL untuk pembangunan jalur kereta bandara YIA. (Foto: Dok.iNews.id)

YOGYAKARTA, iNews.id – Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo segera menerbitkan izin penetapan lokasi (IPL) pembangunan jalur kereta bandara dari Stasiun Kedundang sampai kawasan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA).

IPL ini sangat diperlukan agar PT Kereta Api Indonesia (KAI) bisa segera membangun jalur kereta api ke bandara. “Secepatnya saya akan keluarkan SK IPL jalur kereta dari Kedundang sampai bandara,” kata Hasto seusai bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, di Kepatihan Yogyakarta, Senin (13/5/2019).

IPL, kata Hasto, harus dikeluarkan dengan hati-hati. Banyak kasus IPL yang digugat ke PTUN karena dianggap tidak sesuai dengan keinginan rakyat. Hal inilah yang menjadi poin dirinya melaporkan kepada gubernur sebelum IPL diterbitkan.

Hasto menargetkan, IPL ini akan dikeluarkan dalam minggu-mingu ini. Nantinya akan mengatur lahan sepanjang 5 kilometer dengan luasan mencapai 15 hektare.  

Saat ini, studi amdal IPL bandara ini juga terus dikebut. Jika tidak ada permasalahan lagi juga akan ditandatangani. Sehingga IPL bandara yang muncul sudah lengkap dengan studi amdalnya.  

Dengan adanya IPL bandara, kata Hasto, akan memiliki nilai strategis. Salah satunya memudahkan PT KAI dalam membebaskan lahan dan pembangunan rel. Apalagi dari sisi anggaran, KAI lebih fleksibel dan tidak terbatas pada tahun anggaran. “KAI itu kan pengen segera membangun. Begitu ada IPL mereka bisa membebaskan lahan,” katanya.   

BACA JUGA: KA Bandara YIA Kulon Progo Beroperasi, Ini Tarif dan Jadwalnya

Sesuai rencana jalur kereta api bandara ini akan dibangun dengan jalur double track. Ada dua jalur dari Stasiun Kedundang ke kawasan bandara. Jalur ini dari Kedundang ke selatan sampai di Pasar Glagah dan ke barat menuju bandara. 

 


Editor : Kastolani Marzuki