Bus Kecelakaan di Jalan Ringroad Selatan Yogyakarta, 1 Tewas 5 Terluka

Trisna Purwoko ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 11:14 WIB
Bus Kecelakaan di Jalan Ringroad Selatan Yogyakarta, 1 Tewas 5 Terluka

Warga di TKP saat akan menarik bus untuk mengevakuasi penumpang yang terjebak dalam kecelakaan di Jalan Ringroad Selatan Yogyakarta. (Foto: iNews/Trisna Purwoko)

BANTUL, iNews.id – Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Ringroad Selatan Bantul Yogyakarta, Jumat (12/10/2018) pagi. Bus trayek Yogya-Wonosari menabrak pembatas dan terperosok keluar jalur di jalanan berjurang sedalam enam meter. Dalam insiden itu, satu penumpang tewas sedangkan lima lainnya termasuk sopir luka berat.

Informasi yang dirangkum iNews, bus berplat nomor AB 7476 C berpenumpang lima orang dalam perjalanan dari Yogya ke Wonosari. Bus baru beberapa ratus meter keluar Terminal Giwangan Yogyakarta menuju Kabupaten Gunungkidul.

Saat melintas di jalur lambat, bus diduga oleng dan langsung menabrak pembatas hingga akhirnya terperesok ke jalan berjurang. Bus baru berhenti setelah menghantam tembok pabrik yang ada di sisi kiri jalan tersebut. Seluruh penumpang dan sopir terluka karena terhimpit badan bus.


BACA JUGA:

Stadion Surajaya Lamongan Terbakar, Api Berkobar di Tribun

Dua Motor Ludes, Ini Penyebab SPBU di Bogor Terbakar


Warga dan petugas medis di sekitar lokasi pun berupaya melakukan pertolongan dan mengevakuasi para penumpang. Mereka sempat kesulitan karena tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan berkontur miring.

Para korban baru bisa dievakuasi setelah badan bus ditarik menggunakan tali yang ditarik sebuah truk. Sopir dan penumpang tewas, seorang perempuan lanjut usia, yang duduk di bangku depan jadi yang terakhir dievakuasi. Prosesnya berlangsung dramatis dan penuh kehati-hatian karena posisi keduanya terhimpit.

Usai dievakuasi, korban luka dan meninggal dalam kecelakaan tunggal itu dilarikan ke rumah sakit (RS) dengan menggunakan lima ambulans PMI Bantul dan Kota Yogyakarta. Petugas PMI secara bergantian membawa para korban menuju ke RS TNI AU Harjolukito.

“Busnya lagi melintas di jalur lambat dan langsung menabrak pembatas hingga keluar jalan. Kemungkinan sopirnya mengantuk,” kata Istiyono, saksi di TKP.

Dia yang sedang melintas pun ikut membantu proses evakuasi para korban. “Seluruh penumpang bus luka berat dan seorang tewas. Ada enam orang termasuk sopir di dalam bus,” ujarnya.

Akibat kecelakaan tersebut, Jalan Ringroad Selatan Yogyakarta mengalami perlambatan karena banyak pengguna kendaraan dan warga yang menyaksikan proses evakuasi korban. Hingga saat ini, polisi masih melakukan olah TKP dan meminta keterangan saksi-saksi. Petugas juga mengimpun data para korban korban luka dan meninggal, termasuk sopir.


Editor : Donald Karouw