Caleg Perindo Latih Petani Gunungkidul Buat Pupuk Organik

Kismaya Wibowo, Kuntadi ยท Senin, 18 Februari 2019 - 01:10 WIB
Caleg Perindo Latih Petani Gunungkidul Buat Pupuk Organik

Caleg Partai Perindo melatih dan mendampingi petani di Dukuh Bobung, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, membuat pupuk organik, Minggu (17/2/2019). (Foto: iNews.id/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Sejumlah calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Perindo menginisiasi pembuatan pupuk organik di Dukuh Bobung, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Minggu (17/2/2019).

Partai perindo juga melakukan pendampingan dalam pembibitan sampai dengan pascapanen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pembuatan pupuk organik ini dipilih caleg Perindo karena adanya keresahan warga dengan harga pupuk kimia yang terus meningkat. Sementara di lingkungan mereka banyak tersedia kotoran ternak yang belum dimanfaatkan secara optimal. Atas kondisi inilah, Perindo memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik tabur bagi kelompok petani.

“Kita pilih pembuatan pupuk karena petani disini belum pahan cara pemanfaatkan kotoran ternak untuk pupuk,” kata Ketua DPD Perindo Gunungkidul, Agung Nugroho yang dihadiri caleg DPR Jati Hartono dan Caleg DPRD Susilo Sugiyarto.

Selama ini, kata Agung, warga hanya menjadikan kotoran ternak langsung dibawa ke ladang untuk dijadikan pupuk. Mereka belum tahun proses pembuatan yang benar, agar bisa dimanfaatkan lebih cepat. Sebab jika menggunakan cara alami butuh waktu hingga lebih dari satu bulan. “Kita tidak hanya mengajari pembuata pupuk, tetapi juga bagaimana merawat tanaman, sampai panen,” kata Caleg DPRD DIY Dapil Gunungkidul ini. 

BACA JUGA:

Tanamkan Hidup Sehat, Caleg Perindo Semarang Ajak Lansia Senam Bersama

Caleg Perindo Henry Gelar Mancing dan Tebar Ikan di Kali Pepe Solo

Sejumlah petani di Bobung menyambut positif kegiatan ini. Mereka selama ini belum begitu paham dengan pembuatan pupuk organik dengan memanfaatkan kotoran sampah. Namun Perindo mampu memberikan motivasi dan mengajarkan cara membuat pupuk organik yang bisa untuk mendukung usaha pertanian. “Kita sangat senang, karena tidak hanya teori tetapi juga langsung praktik,” ujar petani Dukuh Bobung, Tugimin.

Menurut dia, program yang dilakukan oleh Perindo jauh memberikan manfaat kepada masyarakat. Cara kampanye ini juga lebih tepat sasaran, dibandingkan dengan arak-arakan di jalan.

Petani juga akan lebih bersimpati karena jarang ada parpol ataupun caleg yang kampanye dengan cara seperti ini.  “Harapan kita, Perindo konsisten memperjuangkan nasib petani untuk mensejahterakan rakyatnya,” ucapnya.

 


Editor : Kastolani Marzuki