Cegah Benturan, Bupati Bantul Larang Ormas Sweeping selama Ramadan

Kuntadi ยท Senin, 06 Mei 2019 - 20:10 WIB
Cegah Benturan, Bupati Bantul Larang Ormas Sweeping selama Ramadan

Ribuan botol miras dimusnahkan untuk menciptakan suasana kondusif selama Ramadan. (Foto: Dok.iNews.id)

BANTUL, iNews.id – Bupati Bantul Suharsono melarang aksi sweeping yang dilakukan organinasi kemasyarakat (ormas) selama Ramadan.

Menurut Suharsono, aksi sweeping bisa memicu permasalahan baru dan benturan di masyarakat. Selain itu, ormas tidak memiiki kewenangan dan tugas dalam melakukan penertiban. 

“Kalau ada pelanggaran laporkan polisi. Ormas tidak boleh lakukan sweeping,” katanya di Kompleks Kantor Pemkab Bantul, Senin (6/5/2019). 

Suharsono mengatakan, Pemkab Bantul sudah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat terkait dengan pelaksanaan Bulan Suci Ramadan. Salah satunya mengimbau pengelola tempat hiburan malam untuk menutup sementara usaha selama bulan puasa. “Yang resmi itu bisa dihitung tetapi yang tidak itu yang banyak,” ucapnya. 

BACA JUGA: 

Menag: Awal Ramadan Serentak Jadi Pemersatu Anak Bangsa

Tarawih Pertama Ramadan, 20.000 Jamaah Padati Masjid Al Akbar Surabaya

Wakapolres Bantul Kompol Ahmad Nanang Wibowo mengatakan, aparat gabungan TNI/Polri dan Satpol PP di Kabupaten Bantul akan melakukan patroli untuk menciptakan suasana kondusif selama Ramadan 1440 Hijriah. Mereka akan menggelar razia di sejumlah tempat hiburan malam, peredaran minuman keras (miras) dan juga petasan.

“Kita akan razia sebulan full dengan sasaran tempat hiburan malam, peredaran miras dan juga petasan,” kata Wakapolres Bantul, Kompol Ahmad Nanang Wibowo.

Sebelumnya, kepolisian telah melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, ormas. Salah satu masukan yang banyak masuk adalah banyaknya tempat hiburan ilegal yang dianggap meresahkan masyarakat.

Hal ini akan menjadi sasaran razia karena kerap diwarnai dengan peredaran miras. “Di kawasan Pantai Parangkusumo banyak tempat hiburan malam yang cukup meresahkan,” ujar Nanang. 

Menurut Wakapolres, Polres Bantul akan berkoordinasi dengan Satpol PP, Kodim Bantul untuk melaksanakan operasi kamtibmas. Bahkan ada informasi di kaasan ini uga ada pekerja seks komersial (PSK).

Salah satu prioritas operasi lainnya adalah razia petasan. Ada sebagian daerah yang menjadikan petasan sebagai tradisi dalam bulan puasa. Padahal petasan sangat berbahaya dan pemiliknya bisa dijerat pidana.

“Kawasan Jalur Jalan Lintas Selatan Jawa, seputaran Stadion Sultan Agung kerap diwarnai petasan saat subuh,” ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki