Cek Runway Bandara YIA, Menhub: Ini Mungkin Terbaik di Indonesia

Kuntadi ยท Rabu, 24 April 2019 - 13:53 WIB
Cek Runway Bandara YIA, Menhub: Ini Mungkin Terbaik di Indonesia

Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau progres pembangunan Bandara YIA di Kulonprogo, DIY, Rabu (24/4/2019). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau progres pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) yang berada di Kabupaten Kulonprogo, DIY, Senin (24/4/2019). Salah satunya perkembangan runway yang dinilai menjadi paling baik di Indonesia.

Runway sudah selesai 100 persen, dengan kualifikasi mungkin paling baik di Indonesia,” kata Menhub mendampingi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X dan Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo di Bandara YIA.

Runway YIA memiliki panjang 3.250 meter dan lebar 75 meter. YIA juga akan mampu menampung pesawat yang terbesar dan terberat. Sementara kapasitas untuk operasional minimum sudah bisa untuk menampung 5.000 penumpang.

BACA JUGA:

Pesawat Garuda Akan Uji Coba Mendarat dan Terbang dari Bandara YIA

Bandara New Yogyakarta International Airport Mulai Beroperasi 29 April

Rencananya bandara ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir bulan nanti. Setelah diresmikan, YIA langsung dioperasionalkan untuk penerbangan internasional. “Alhamdulilah, pembangunan bandara sudah hampir selesai,” kata Menhub.

Kedatangan Menhub, gubernur DIY dan bupati Kulonprogo, disambut oleh jajaran petinggi PT Angkasa Pura (AP) I, yakni Dirut Faik Fahmi, Direktur Operasional PT AP I, Wendo Asrul, GM Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, Manajer Proyek Pembangunam YIA, Taochid Hadi Purnomo dan beberapa pejabat lain.

Selain runway, rombongan Menhub juga melihat langsung kesiapan bandara mulai dari tempat check in, pintu sekuriti, ruang tunggu hingga di pintu pemberangkatan, dan taxiway.

Pada puasa nanti, bandara ini juga akan dipakai untuk mengalihkan rute penerbangan yang ada di Bandara Adisutjipto karena lalu lintas penerbangan di sana audah terlalu padat. Untuk penerbangan dari luar Jawa akan dialihkan ke YIA.

“Kami sudah usulkan ke Presiden agar Minggu depan melakukan penerbangan pertama,” ujarnya.

Untuk sementara waktu akses kereta api ke Bandara YIA memanfaatkan Stasiun Wojo dengan perjalanan kurang dari 45 menit. Nantinya akan disiapkan shuttle bus untuk melayani penumpang. Dari YIA juga akan ada bus Damri yang akan melayani sampai di Terminal Giwangan.

“Kita juga akan bangun kereta api langsung dari Jogja ke Bandara YIA,” ujarnnya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X mengatakan, pemerintah pusat juga akan mengembangkan kawasan wisata di sekitar Bandara YIA. Tidak hanya ke utara dengan pengembangan Candi Borobudur saja, namun juga di sekitarnya.

“Kami juga punya kesepakatan untuk pembangunan tol dari Semarang-Jogja-Solo, dari Semarang lewat Bawen-Secang-Borobudur-Jogja-dan Solo,“ ujar Sultan.

Selain itu, akan dibangun ringroad mulai dari Sleman-Tempel-Prambanan, tembus hingga ke Sentolo sampai Magelang. 


Editor : Maria Christina