Demi Kemaslahatan Umat, UMY Gandeng Pemda Hadapi Era Disrupsi

Kuntadi ยท Selasa, 20 November 2018 - 19:03 WIB
Demi Kemaslahatan Umat, UMY Gandeng Pemda Hadapi Era Disrupsi

Ilustrasi gedung kampus UMY. Foto: Dok. UMY.

YOGYAKARTA, iNews.id – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjalin kerja sama dengan sejumlah pemerintah kabupaten/kota di Indonesia, dalam menyikapi perkembangan teknologi di era disrupsi

Melalui kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan peran akademisi dan pemerintah daerah dalam kemaslahatan umat.

"Kerjasama ini sangat penting, mengingat era disrupsi merupakan tantangan yang harus kita hadapi bersama," kata Kepala Lembaga Kerjasama dan urusan International UMY, Eko Priyo Purnomo, dalam 1st Government Gathering di Asri Medical center Kota Yogyakarta, D.I Yogyakarta Selasa (20/11/2018).

Di Provinsi D.I Yogyakarta sendiri, UMY telah melakukan kerja sama dengan seluruh kabupaten/kota.

Kemudian di luar itu, dengan Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Boyolali dan juga dengan Kabupaten Pemalang.

Government gathering ini, kata eko, menjadi ajang saling tukar pengalaman, pengetahuan, dan berdiskusi juga bersinergi mengenai produk, karya maupun jasa inovatif.

"Karenanya dibutuhkan sinergi dengan pemerintah daerah dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 sekarang," tambahnya.

Selain dilakukan penandatangangan surat kesepahaman dengan UMY, dalam acara ini juga digelar diskusi dengan tema "Strategi Inovatif dan Kreatif Pemerintah Dalam Menghadapi Era Distruptif."

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto mengatakan, pada era distrptif ini, kerja sama sangat diperlukan untuk meng-update informasi dan kebijakan publik.

Dengan begitu, baik pemerintah maupun perguruan tinggi sama-sama lebih berperan dalam kemajuan bangsa.

"UMY dan pemerintah daerah adalah mitra sejajar, yang akan lebih mampu mendorong bangsa yang berkemajuan serta inovatif demi kemaslahatan umat," ujar Gunawan.


Editor : Himas Puspito Putra