Diduga Korsleting, Mobil Ludes Terbakar di Jalan Pahlawan Kulonprogo

Kuntadi ยท Kamis, 27 September 2018 - 23:04 WIB
Diduga Korsleting, Mobil Ludes Terbakar di Jalan Pahlawan Kulonprogo

Kondisi mobil Isuzu Panther yang terbakar di Jalan Pahlawan, Wates, Kulonprogo, DI Yogyakarta Rabu (27/9/2018) petang. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Mobil Isuzu Panther dengan nomor polisi H 9011 CG terbakar di Jalan Pahlawan, Wates, Kulonprogo, DI Yogyakarta Rabu (27/9/2018) petang. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kondisi mobil ludes tinggal rangka. Diduga api berasal dari mesin yang mengalami korsleting.

Menurut sejumlah saksi mobil ini melaju dari arah utara atau dari arah Wares ke selatan dengan kecepatan sedang. Sampai di lokasi, pengemudi atas nama Sumarto, warga Desa Panjatan, Kecamatan Panjatan, Kulonprogo, yang juga pemilik mobil tiba-tiba menepi.

“Korban lalu keluar dan membuka kap mesin depan. Saat itu tampak api berada di mesin yang berada di sisi depan mobil,” ujar salah seorang saksi di lokasi kejadian, Rizki, Kamis (27/9/2018).

Melihat ada nyala api, korban mencari sumber air. Warga yang kebetulan berada di lokasi juga membantu dengan membawakan air. Namun api semakin besar dan sulit dipadamkan.  Warga sudah membantu dengan peralatan seadanya.

Mobil Isuzu Panther yang terbakar di Jalan Pahlawan, Wates, Kulonprogo, DI Yogyakarta Rabu (27/9/2018) petang. (Foto: iNews.id/Kuntadi)


“Kebetulan lokasi ini juga jauh dari pemukiman sehingga menyulitkan proses pemadaman. Saluran irigasi yang berada di kanan dan kiri jalan juga dalam kondisi kering tanpa ada air yang mengalir,” ucap Rizki.

Api yang terus membesar akhirnya membakar seluruh bagian mobil. Mobil ini pun ludes terbakar di seluruh bagian dalam kurun waktu 30 menit. Api baru dipadamkan setelah satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Kulonprogo dikerahkan untuk membantu memadamkan. "Begitu mobil pemadam datang langsung bisa dipadamkan," kata Rizki.

Akibat kejadian ini Sumarto menderita kerugian hingga puluhan juta. Korban juga mengalami luka bakar pada tangannya saat hendak membuka kap mobil. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis.

Musibah mobil terbakar ini pun langsung ditangani petugas kepolisian dari Polsek Panjatan dan Polres Kulonprogo. Dugaan awal ada korsleting listrik pada sistem pengapian. "Saat itu hanya satu penumpang yaitu pengemudi saja," tutur Kapolsek Panjatan, AKP Gunardi Tejomurti.


Editor : Himas Puspito Putra