Dirancang Sejak 2016, Underpass Kentungan Akhirnya Dibangun Tahun Ini

Kuntadi ยท Jumat, 04 Januari 2019 - 17:09 WIB
Dirancang Sejak 2016, Underpass Kentungan Akhirnya Dibangun Tahun Ini

Maket Underpass Kentunga, Sleman, DIY yang akan dibangun mulai 14 Januari 2019. (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id – Pemerintah akan membangun underpass di Kentungan atau dikenal dengan perempatan Ringroad Jalan Kaliurang, Sleman, DIY. Underpass ini untuk mengatasi kemacetan lalu lintas yang terjadi di kawasan tersebut.

PPK Jembatan Yogyakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Syidik Hidayat mengatakan pembangunan underpass ini sebenarnya sudah direncanakan sejak 2016. Namun baru akan direalisasikan pada tahun ini. Rencananya pembangunan akan dimulai apda 14 Januari nanti sampai dengan akhir tahun. “Proses pembangunan dengan (dana) APBN dengan masa pengerjaan satu tahun,” kata Syidik, di Yogyakarta, Jumat (3/1/2019).

Untuk merealisasikan proyek ini, pemerintah telah melakukan serangkaian studi kelayakan, studi teknis dan juga ekonomi. Underpass ini akan dibangun sepanjang 180 meter membujur dari barat ke timur untuk dua lajur dengan lebar sekitar 15,5 meter. Lajur utara untuk kendaraan dari arah barat sementara lajur timur untuk kendaraan dari arah timur ke barat. “Kedalaman nanti ada sekitar 5,9 meter meski sebenarnya untuk aman 5,8 meter,” ujarnya.

Proses pembangunan akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama akan fokus di sisi barat, dan ketika selesai baru pindah di sisi timur. Pengerukan tanah di bawah Jalan Kaliurang akan dilaksanakan terakhir yaitu ketika sisi barat dan sisi timur selesai.



BACA JUGA:

Underpass Karang Sawah Siap Dilalui saat Libur Natal dan Tahun Baru

Jokowi Akan Resmikan Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai Akhir Bulan Ini

Berbeda dengan Underpass Jombor, di sini akan dibangun dua lajur tanpa ada pilar di tengah. Dua lajur ini untuk kendaraan dari arah barat dan timur.

Kasi Manajemen Lalu Lintas Dinas Perhubungan DIY, Bagas Senoaji mengatakan, underpass di Kentungan sangat diperlukan. Saat ini tingkat kepadatangan sangat tinggi. Apalagi pada jam sibuk, saat pagi dan sore hari saat pekerja berangkat dan pulang. “Count down traffic light di sana (Kentungan) sudah 120 detik dan itu memenuhi syarat dari pusat,” katanya.

Dengan adanya pembangunan ini, nantinya akan dilakukan rekayasa lalu lintas agar tidak ada kepadatan di lokasi pembangunan. Untuk jalur ringroad utara, jalur alternatif diarahkkan menggunakan jalur selatan. Namun ada juga alternatif menggunakan di sisi utara melewati Kaliurang yang akan tembus Kalasan.

 

 

 

 


Editor : Kastolani Marzuki