Doakan Mendiang Ani Yudhoyono, Buya Syafii: Beliau Pendamping Suami yang Baik

Ilma De Sabrini, Antara ยท Sabtu, 01 Juni 2019 - 18:03 WIB
Doakan Mendiang Ani Yudhoyono, Buya Syafii: Beliau Pendamping Suami yang Baik

Mantan Ketum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif. (Foto: Dok.iNews.id)

YOGYAKARTA, iNews.id - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Syafii Maarif memuji almarhumah Kristiani Herawati atau yang dikenal dengan Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, sebagai sosok pendamping suami yang baik.

"Kalau saya dulu kenal sepintas saja. Dia pendamping suami yang bagus menurut saya," kata Buya Syafii saat di Yogyakarta, Sabtu (1/6/2019).

Menurut Syafii, keberhasilan Ani Yudhoyono sebagai pendamping suami yang baik tercermin dari kesetiaan SBY yang juga setia mendampinginya selama empat bulan menjalani perawatan kemoterapi di National University Hospital Singapura sejak 2 Februari 2019.

"Sehingga SBY juga pada akhirnya selama empat bulan (istrinya) dirawat ditungguin terus juga, itulah sisi kemanusiaannya yang perlu kita teladani," kata Syafii.

BACA JUGA: Ketua Umum PBNU Ucapkan Belasungkawa atas Meninggalnya Ani Yudhoyono

Selain itu, Syafii juga menilai sebagai istri, Ani Yudhoyono selama ini cukup berperan membentuk sosok atau kepribadian Presiden ke-6 SBY.

Syafii dalam kesempatan itu menyampaikan doa serta duka cita mendalam atas berpulangnya ibu negara RI periode 2004-2014 itu.

"Mudah-mudahan semua amal usahanya diterima Allah SWT," kata Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini.

Ani Yudhoyono mengembuskan napas terakhir pada Sabtu, 1 Juni 2019 sekitar pukul 11.50 waktu Singapura karena menderita penyakit kanker darah.

Almarhumah menjalani perawatan di Singapura sejak 2 Februari 2019 lalu atas rekomendasi tim dokter kepresidenan Indonesia.

Berdasarkan informasi terkini dari KBRI Singapura, jenazah akan diterbangkan menuju Jakarta pada malam ini atau lebih cepat dari jadwal semula pada Minggu (2/6/2019) besok.


Editor : Kastolani Marzuki