Dorong Laba, Direktur PDAM Diminta Layani Air Bersih di Bandara YIA Kulonprogo

Kuntadi ยท Senin, 09 September 2019 - 22:17 WIB
Dorong Laba, Direktur PDAM Diminta Layani Air Bersih di Bandara YIA Kulonprogo

PDAM Kulonprogo siap memasok kebutuhan air bersih ke Bandara YIA. (Foto: Dok.iNews.id)

KULONPROGO, iNews.id - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) "Tirta Binangun" Kulonprogo diminta untuk siap dan bisa melayani kebutuhan air bersih di kompleks Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA).

Permintaan ini diungkapkan Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo saat melantik Direktur PDAM, Jumantoro di Ruang Menoreh, kompleks Pemkab Kulonprogo, Senin (9/9/2019).

Menurut Sutedjo, pelayanan air bersih di Bandara YIA ini sangat penting agar visi PDAM untuk menyediakan air bersih dan air minum bisa tercapai demi kesejahteraan maayarakat. “PDAM harus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong laba,” kata Sutedjo.

Dia mengatakan, dalam pengelolaan BUMD harus menjadi bagian instrumen pemerintah dengan menggunakan pendekatan korporasi. Artinya, PDAM harus menjadi kepanjangan tangan pemerintah dalam menyediakan air bersih untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: PDAM Kulonprogo Siap Suplai Air Bersih ke NYIA

Namun kinerja dan daya saing perusahaan harus dikedepankan melalui kompetensi dan pengelolaan yang profesional.

Menurut Sutedjo, kehadiran bandara di Kulonprogo harus disambut sebagai tantangan dan peluang usaha. PDAM harus mampu masuk dan menjadi sumber untuk menyediaan air bersih di bandara.

Termasuk mampu menempatkan Airku sebagai air minum kemasan. “PDAM harus bisa masuk dan menyediakan air bersih untuk memenuhi kebutuhan di bandara,” ucapnya. 

Sutedjo juga minta agar PDAM melakukan evaluasi terhadap produk AirKu. Produk air minum kemasan ini harus diinovasi dalam kemasan dan pemasaran agar mampu diminati masyarakat. “AirKu harus menjadi brand air kemasan di Kulonprogo,” ujarnya.

Direktur PDAM Kulonprogo, Jumantoro mengaku upaya PDAM menyediakan air bersih ke Bandara YIA sudah dilakukan sejak 2018. Saat ini, pipa air bersih sudah masuk di kawasan bandara dengan debit baru 11 liter per detik.

Nantinya sebelum full operasional, pasokan air bersih yang masuk mencapai 40 liter per detik. “Air baku kita ambil dari Sungai Progo, dan saat ini tinggal meningkatkan debit," katanya. 

Jumantoro juga siap menjadikan AirKu lebih gereget agar menjadi air kemasan yang banyak dikonsumsi warga Kulonprogo.

 


Editor : Kastolani Marzuki