Edarkan Pil Yarindo, 2 Warga Kulonprogo Ditangkap Polisi

Kuntadi ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 13:15 WIB
Edarkan Pil Yarindo, 2 Warga Kulonprogo Ditangkap Polisi

Satresnarkoba Polres Kulonprogo saat ekspores kasus peredaran psikotropika. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Memasuki awal 2019, Satresnarkoba Polres Kulonprogo mengungkap kasus peredaran obat-obat psikotropika di wilayah hukumnya. Dalam operasi penangkapan itu, polisi mengamankan dua tersangka di lokasi terpisah dengan barang bukti puluhan pil yarindo. Pil ini masuk kategori obat keras daftar G.

Identitas tersangka yang ditangkap yakni Fha alias Kemus (19), warga Wahyuharjo, Kecamatan Lendah, Kulonprogo. Penangkapan ini berdasarkan hasil pengembangan di lapangan hingga menciduk tersangka di wilayah Desa Jatirejo.

Dari tangannya, petugas menyita barang bukti 10 butir pil yarindo. Keterangan tersangka, pil itu dia beli dari seseorang di Pasar Mangiran, Kecamatan Srandakan, Bantul. Barang-barang itu kemudian diedarkan terbatas ke kalangan teman-temannya.

BACA JUGA: Polres Bantul Bongkar Kasus Perdagangan Satwa Dilindungi

Sementara tersangka lain, Rzy alias Toleng (24), warga Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. Dia ditangkap polisi, ketika melakukan transaksi penjualan di sebuah ruko yang ada di utara Terminal Bus Wates. Tersangka tertangkap tangan petugas saat hendak transaksi dengan T yang ditetapkan sebagai saksi.

“Kedua tersangka ini kami amankan terpisah,” ujar Kasat Narkoba Polres Kulonprogo AKP Munarso, Jumat (11/1/2019).

Dia menjelaskan, keduanya dijerat dengan Pasal 196 jo 197 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Ancaman hukumannya pidana penjara selama 15 tahun.

Munarsi memastikan akan terus melakukan razia dan operasi rutin untuk menekan kasus peredaran prsikotropika dan narkoba. Polres Kulonprogo juga berkoordinasi dengan unit dan polres lain demi menekan angka kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah DIY. Hasilnya, sudah ada beberapa pengungkapan kasus dari koordinasi lintas wilayah tersebut.


Editor : Donald Karouw