Festival Ikan Guppy Internasional Terbesar Digelar di Yogyakarta

Kuntadi ยท Minggu, 04 November 2018 - 13:50 WIB
Festival Ikan Guppy Internasional Terbesar Digelar di Yogyakarta

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Purwadi mengabadikan ikan Guppy usai membuka festival Guppy International 2018 di Pasar Ngasem Yogyakarta, Minggu (4/11/2018). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Ratusan ikan Guppy dari berbagai negara di Asia Tenggara ikut ambil bagian dalam Guppy International Festival 2018 yang digelar di Pasar Ngasem, Yogyakarta, Sabtu (3/11/2018) - Minggu (4/11/2018). Pemerintah Kota Yogyakarta berharap ikan Guppy bisa menjadi daya tarik pariwisata.

Ketua Panitia Guppy International Festival 2018, Singgih Setiarso mengatakan, festival ini diikuti 50 komunitas ikan Guppy nasional dan 10 komunitas internasional. Ajang inipun menjadi yang terbesar, karena format seperti ini belum pernah ada sebelumnya. “Ini menjadi festival terbesar untuk komunitas guppy International,” kata Singgih.

Kegiatan ini juga untuk lebih memperkenalkan kualitas guppy nasional di kancah international. Sekaligus untuk mendorong peningkatan kualitas ikan Guppy Indonesua. Sebab ikan ini sangat mudah dikembangkan dan dibudidayakan.

"Ikan inipun bisa disilangkan agar mampu menghasilkan ikan yang warnanya lebih menarik. Kami hadirkan juri internasional dengan hadiah total 2.500 Dolar Amerika,” tuturnya.

Kejuaraan ini juga untuk mempertemukan breeder nasional dan international. Mereka akan mempresentasikan kemampuan produksi dan kualitas produk. Ditargetkan ajang ini mampu menghasilkan transaksi penjualan hngga Rp500 juta.  

“Harapan kami ikan ini tidak hanya menjadi ajang untuk menyaksikan ikan Guppy terbaik, tetapi bisa mendongkrak ekonomi,” kata Danang Prima, pembina IGPA.

Festival ini diikuti para penghobi dari 10 negara seperti Malaysia, Singapura, Brunei. Taiwan, Thailand, maupun China.  

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Purwadi mengatakan, ikan guppy ini menjadi bagian dari industri kreatif. Yogyakarta selama ini sudah dikenal sebagai pusatnya industri kreatif. Apalagi dalam menghasilkan ikan yang indah, diperlukan kreativitas dalam menyilangkan berbagai jenis ikan guppy.

“Ini potensi besar yang bisa mendorong pertumbuhan pariwisata di Yogyakarta dan nilai ekonomi di masyarakat,” kata Heru, usai membuka festival.

Selain kontes, dalam festival ini juga dilaksanakann talkshow, dengan entertainment yang mengedepankan nilai-nilai budaya yang ada di Yogyakarta.


Editor : Himas Puspito Putra