Gagal Gondol Motor di Yogyakarta, Pria Semarang Selamat dari Amukan Massa

Kuntadi ยท Senin, 14 Oktober 2019 - 14:53 WIB
Gagal Gondol Motor di Yogyakarta, Pria Semarang Selamat dari Amukan Massa

Pelaku maling motor di Jogja tertangkap warga, Minggu (13/10/2019). (Foto: iNews/ Kuntadi).

SLEMAN, iNews.id – Warga Dusun Cupuwatu, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta, berhasil menggagalkan upaya pencurian sepeda motor, Minggu (13/10/2019). Pelaku TW (42) warga Tembalang, Semarang, Jawa Tengah berhasil diamankan dan diserahkan kepada polisi.

Kejadian bermula saat korban Rudi Kisworo tengah mendatangi hajatan di tempat tetangganya mengendarai sepeda motor Yamaha Mio. Begitu sampai, korban langsung memarkir sepeda motornya namun lupa mencabut kunci.

Korban sempat memberikan aba-aba kepada tamu yang hendak memarkirkan mobil yang hanya berjarak sekitar 15 meter dari lokasi motornya. Saat itulah pelaku menggondol sepeda motor korban dan kabur.

BACA JUGA: Tangkap Maling Motor di Yogyakarta, Polisi justru Temukan Ratusan Butir Obat Terlarang

Aksi TW ini diketahui dua warga lain dan melaporkannya kepada korban. Teriakan korban membuat warga yang berada di sekitar lokasi melakukan upaya pencarian dan penggejaran.

Selang satu jam, pelaku berhasil ditangkap warga beramai-ramai. Pelaku tertangkap sekitar empat kilometer dari lokasi kejadian.

Kapolsek Kalasan, Kompol Iman Santoso mengatakan pelaku sempat dikejar-kejar warga hingga akhirnya tertangkap. Warga yang emosi ingin menghajar pelaku berhasil diredam oleh tokoh masyarakat.

“Polisi yang mendapatkan laporan langsung bergerak cepat ke lokasi dan mengamankan pelaku untuk dibawa ke Mapolsek untuk proses penyelidikan berikut barang bukti,” katanya.

BACA JUGA: Polisi Tangkap 2 Pencuri Motor di Yogyakarta Jual Hasil Curian secara Online

Akibat perbuatannya tersangka akan dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman lima tahun penjara. Polisi masih melakukan pemeriksaan intensif, untuk mengungkap motif pelaku termasuk bagaimana pelaku berada di tempat kejadian dan menggondol motor korban.

“Kita masih dalam kasus ini, dengan meminta keterangan saksi dan pelaku,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah