Gelar Syawalan, Pimpinan Pemda di DIY Silaturahmi dengan Warga

Kuntadi ยท Senin, 10 Juni 2019 - 17:54 WIB
Gelar Syawalan, Pimpinan Pemda di DIY Silaturahmi dengan Warga

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X saat menggelar Syawalan. (Foto: iNews.id/Kuntadi)).

YOGYAKARTA, iNews.id – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, menggelar open house (syawalan) di kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (10/6/2019). Ratusan aparatur sipil negara (ASN) turut hadir dalam halal bihalal tersebut.

"Silaturahmi ini sudah rutin dilaksanakan setiap tahun pascalebaran," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi, di sela kegiatan open house.

Syawalan ini menjadi ajang bagi pimpinan daerah di DIY bertemu langsung dengan masyarakat. Dengan membangun kedekatan ini, dia berharap dapat terjalin komunikasi antara pejabat pemerintah daerah (pemda) dengan warga.

Untuk menyambut masyarakat, panitia menyiapkan aneka sajian makanan bagi 4.000 pengunjung. Mulai dari menu soto, bakso, hingga mie, jenang, nasi liwet dan berbagai minuman dan makanan lain.

"Nantinya gubernur juga akan road show syawalan di lima kabupaten/kota bersama dengan Forkompinda," ujar dia.

BACA JUGA: 718 ASN Pemprov Jatim Absen di Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Ini Penyebabnya

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Agus Supriyanto, mengaku bangga dengan acara Syawalan ini. Apalagi setiap tahun selalu diikuti ribuan warga DIY untuk bersilaturahmi dengan Sultan dan Pakualam

Hal ini, kata dia, akan semakin memperkokoh nuansa keistimewaan di DIY, sekaligus Yogyakarta sebagai kota pendidikan dan kota budaya.

"Semoga keistimewaan ini bisa terus ada," ujar dia.

Warga tampak antusias mengikuti open house tersebut. Seorang warga, Sudarban mengatakan, selalu menyempatkan untuk datang dalam acara ini. Dia merasa belum puas berlebaran kalau belum berjabat tangan dan bertemu dengan Sultan.

"Setiap tahun saya selalu datang untuk salaman dengan Ngarso Dalem (Sultan)," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal