Gempa Bantul M 5,1, BNPB: Warga di Wilayah Itu Rasakan Getaran Kuat 4-5 Detik

Kastolani ยท Sabtu, 10 Agustus 2019 - 21:39 WIB
Gempa Bantul M 5,1, BNPB: Warga di Wilayah Itu Rasakan Getaran Kuat 4-5 Detik

Gempa bumi dengan Magnitudo 5,1 mengguncang Bantul, Sabtu (10/8/2019) malam ini. Warga Bantul dan sekitarnya merasakan getaran gempa sedang hingga kuat. (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id – Pusat Pengendali Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul melaporkan warga merasakan guncangan gempa pada Sabtu (10/8/2019) pukul 20.26 WIB.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo mengatakan, gempa bumi dengan parameter Magnitudo 5,1 terjadi pada Sabtu (10/8), pukul 20:26:41 WIB. Gempa dengan kedalaman 10 km dirasakan warga di Kecamatan Kretek dan Sanden, Kabupaten Bantul, DIY.

“Warga di wilayah tersebut merasakan getaran sedang hingga kuat sekitar 4-5 detik,” katanya dalam keterangan tertulisnya yang diterima iNews.id.

Dia menyebutkan, geberapa warga di wilayah lain di Yogyakarta dan sekitarnya, seperti Sambisari, Kalasan, dan Purwomartani merasakan getaran sekitar 1-2 detik.

BACA JUGA:

Gempa Bumi Magnitudo 5,1 Guncang Bantul, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Bantul M 5,1 Dirasakan Hingga Cilacap dan Jawa Timur, Warga Berhamburan

Warga Yogyakarta, Deva mengatakan, guncangan gempa dirasakan kuat hingga kursi dan perabotan di dalam rumah terdorong. Saat gempa terjadi, Deva mengaku sedang duduk santi berbincang dengan rekannya.

“Lumayan keras. Kursi kayak didorong-dorong. Iki lagi ngobrol do mlayu metu omah (Saat itu lagi ngobrol langsung pada lari keluar rumah,” katanya dikonfirmasi iNews.id.

BMKG merilis bahwa gempa tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa berada 105 km barat daya Bantul. Pusdalops BPBD Kabupaten Bantul telah melakukan pemantauan di wilayah selatan melalui alat komunikasi radio.


Editor : Kastolani Marzuki