Gencar Operasi Pasar, Harga Bawang Putih di Kulonprogo Berangsur Turun

Kuntadi ยท Kamis, 09 Mei 2019 - 18:02 WIB
Gencar Operasi Pasar, Harga Bawang Putih di Kulonprogo Berangsur Turun

Salah satu kegiatan pasar murah yang diselenggarakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Bambang Dwi Wicaksono di Pasar Wates. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.idOperasi pasar terus digencarkan untuk menekan harga bawang putih yang meningkat drastis di awal Ramadan. Dalam beberapa hari terakhir, intervensi yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY berhasil menurunkan harga komoditi tersebut di pasaran.

“Sudah. Harga bawang putih sudah mulai turun. Kini sekitar Rp43.000 per satu kilogramnya,” ujar Tantri, seorang pedagang Pasar Wates Kulonprogo, Kamis (9/5/2019).

Dia mengatakan, di awal Ramadan harga bawang putih jenis kating mencapai Rp53.000. Jauh di atas harga normalnya yang di bawah Rp30.000-an. Namun dalam tiga hari ini, harganya sudah berangsur-angsur turun.

“Stok masih ada, belum langka jadi harganya kembali turun,” ucapnya.

BACA JUGA: Disperindag Operasi Pasar, Harga Bawang Putih di Yogyakarta Masih Tinggi

Diketahui, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY menggelar pasar murah di halaman Pasar Wates, Kamis (9/5/2019). Mereka menawarkan beberapa barang kebutuhan pokok di bawah harga pasaran.

Seperti gula pasir Rp11.000/kilogram, telur Rp22.500/kilogram, minyak goreng 1 liter Rp22.000, minyak goreng 2 liter, Rp22.000 dan beras satu kilogram jenis IR 64 Rp8.500.

“Kami tidak ada bawang putih karena stok sedang kosong. Terakhir kami jual dengan harga Rp40.000 per kilogram,” kata Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Bambang Dwi Wicaksono.

Dia mengungkapkan, pasar murah ini digelar untuk menjaga stabilitas harga terutama komoditas bahan pokok selama Ramadan. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan sampai pertengahan Mei mendatang.


Editor : Donald Karouw