Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 2 Km ke Hulu Kali Gendol

Suharjono, Sindonews ยท Selasa, 27 Agustus 2019 - 21:57 WIB
Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 2 Km ke Hulu Kali Gendol

Gunung Merapi di perbatasan DIY dan Jawa Tengah meluncurkan guguran awan panas sejauh 2 km, Selasa (27/8/2019) malam. (Foto: Dok.iNews.id)

YOGYAKARTA, iNews.id - Gunung Merapi di perbatasan DIY dan Jawa Tengah kembali memuntahkan guguran awan panas setelah beberapa hari tak beraktivitas.

Kali ini, guguran awan panas sejauh 2 km meluncur kea rah Kali Gendol, Sleman.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, awan panas guguran terjadi pada pukul 18.09 WIB. Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo maksimum 70 mm dan durasi sekitar 198.90 detik. 

"Jarak luncur awan panas guguran mencapai 2.000 meter atau 2 Km ke arah hulu kali Gendol," katanya, Selasa (27/8/2019). 

BACA JUGA: Gunung Merapi Luncurkan Guguran Awan Panas Sejauh 950 Meter ke Arah Kali Gendol

Dia berharap warga di sekitar Merapi tidak resah dengan aktivitas gunung teraktif di dunia itu. Menurut Hanik, sebelumnya jarak luncur awan panas Merapi hanya pada kisaran 1 hingga 1,5 km.

“Hingga saat ini status Merapi masih belum berubah, yaitu Waspada atau level II. Jarak aman berada lebih dari jarak 4 km dari puncak Merapi," katanya.

Dari laporan pos pengamatan Gunung Merapi, sejak pukul 06:00 - 18:00 WIB hari ini, terpantau dari CCTV terjadi 5 kali guguran lava pijar. Jarak luncur maksimal 650 meter arah hulu Kali Gendol.


Editor : Kastolani Marzuki