Hadapi Arus Mudik, Dishub Bantul Siapkan Jalur Alternatif

Kuntadi ยท Jumat, 17 Mei 2019 - 13:35 WIB
Hadapi Arus Mudik, Dishub Bantul Siapkan Jalur Alternatif

Ilustrasi pengalihan arus untuk mengantisipasi kemacetan. (Foto: Dok iNews).

BANTUL, iNews.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul, DIY menyiapkan sejumlah jalur alternatif ketika terjadi kemacetan pada arus mudik Lebaran 2019. Salah satunya mengoptimalkan jalur selatan Jawa.

Kadishub Kabupaten Bantul, Aris Suhariyanta mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi arus mudik lebaran.

Dari pemetaan awal, arus mudik diperkirakan mulai pada 26 Mei mendatang, baik di jalan utama Yogyakarta-Wates maupun jalur Yogyakarta-Wonosari tembus ke Wonogiri.

"Dari pengalaman yang lalu, di beberapa traffic light jalur utama kerap diwarnai antrean panjang," kata Aris kepada wartawan di Kabupaten Bantul, DIY, Jumat (17/5/2019).

BACA JUGA: Polres Purwakarta Petakan Titik Rawan Kecelakaan Jalur Mudik

Untuk mengatasi masalah ini, telah disiapkan beberapa jalur alternatif, seperti memanfaatkan jalur selatan dari Toyan (Kulonprogo) akan tembus di Srandakan, Wijirejo dan akan tembus Tamantirto menuju ke Kota Yogyakarta.

Selain itu juga bisa memanfaatkan jalur Sedayu-Pajangan dan simpang tiga Kadirojo. Sedangkan dari Bantul menuju Gunungkidul tembus Wonogiri, disiapkan jalur alternatif mulai dari Simpang Tiga Kadirojo, Palbapang, Imogiri, Dlingo dan Playen (Gunungkidul) dan Simpang Tiga Kadirojo, Palbapang, Imogiri, Panggang (Gunungkidul).

Apabila Jalan Wates, Ring Road Selatan dan Jalan Wonosari terjadi kemacetan, pemudik bisa menggunakan jalur alternatif yang melewati Bantul yakni Simpang Empat Sedayu, Pajangan, Simpang Tiga Pandak, Palbapang, Bakulan, Barongan, Imogiri dan Simpang Tiga Singosaren, Sampakan dan Piyungan selanjutnya menuju Gunungkidul.

Pihak Dishub, kata dia, juga akan menempatkan sejumlah personel untuk mengantisipasi adanya kemacetan dan kecelakaan. Beberapa daerah rawan akan ditempatkan petugas dengan didukung sarana dan prasarana.

BACA JUGA: Jelang Mudik Lebaran, Perbaikan Jalan Tambal Sulam Wilayah Kendal Dikebut

Di antaranya di Simpang Empat Sedayu dan Simpang Empat Piyungan serta adanya personel Dinas Perhubungan yang akan berjaga.

"Kita juga memprediksi baik pemudik yang melalui jalan Wates-Yogya dan Jalan Wates-Srandakan Bantul akan mengalami lonjakan karena bandara YIA juga telah beroperasi dengan adanya penerbangan ekstra Lebaran yang semuanya dialihkan ke bandara YIA," ujar dia.

Untuk mendukung arus mudik ini, dinas juga melakukan penambahan rambu-rambu dan lampu penerangan. Diperkirakan pada arus mudik semuanya sudah siap dan terpasang.

Khusus arus dari Yogyakarta ke Bantul, sampai saat ini masih harus dialihkan seiring dengan pembangunan Jembatan Winongo. Arus lalu lintas dialihkan melalui Jalan Parangtritis dan Jalan Padokan menuju ke Kasongan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal