Hujan Semalaman, Belasan Pohon Tumbang dan Longsor Terjadi di DIY

Kuntadi ยท Rabu, 23 Januari 2019 - 10:47 WIB
Hujan Semalaman, Belasan Pohon Tumbang dan Longsor Terjadi di DIY

Penanganan pohon tumbang di DIY oleh tim BPBD. (Foto: iNews/Kuntadi).

YOGYAKARTA, iNews.id - Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur kawasan DI Yogyakarta mengakibatkan banyak pohon tumbang dan tanah longsor. Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY kini tengah melakukan evakuasi bencana.

Manajer Pusdalops BPBD DIY, Danang Samsurizal mengatakan, hujan deras mengguyur DIY sepanjang hari pada Selasa (22/1/2019) kemarin. Kondisi ini menyebabkan banyak pohon tumbang di sejumlah kabupaten/kota.

"Di Kabupaten Sleman, menyebabkan pohon tumbang menimpa jaringan listrik hingga putus di Kalinongko Kidul, Desa Gayamharjo, Kecamatan Prambanan. Pohon tumbang juga terjadi di Bodeh Lor, Kecamatan Gamping yang menutup akses jalan," kata Danang di kantornya Kota Yogyakarta, DIY, Rabu (23/1/2019).

BACA JUGA: Pohon Tumbang Timpa 3 Mobil di Parkiran RSUD Nganjuk

Kemudian, di Kabupaten Bantul, pohon tumbang menimpa rumah warga di Nglingseng, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo. Selain itu, pohon tumbang juga menimpa jaringan listrik hingga putus di jalan Cinomati, Kecamatan Dlingo. Akses jalan tertutup akibat pohon tumbang terjadi di Gedongan RT 03, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan.

Sementara di kawasan Mojosari, Desa Srimartani, Kecamatan Piyungan, Bantul, hujan telah menyebabkan talud setinggi 9 x 12 meter longsor. Akibatnya ada dua rumah terdampak bencana tersebut. Danang mengatakan, tim sedang menangani sementara evakuasi warga di sana.

"Bukan cuma di Sleman dan Bantul. Pohon tumbang juga terjadi di Kabupaten Gunung Kidul, menimpa jaringan listrik di Desa Dengok, Kecamatan Playen," kata dia.

BACA JUGA: Sejumlah Desa di Lembata Terisolasi akibat Longsor dan Pohon Tumbang

Sementara itu, di Kabupaten Kulonprogo, pohon tumbang terjadi di Patih Ombo, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, menimpa jaringan listrik. Sedangkan tanah longsor terjadi di Dusun Tileng, Desa Pendoworejo, Girimulyo, yang menutup akses jalan.

Untuk Kota Yogyakarta, pohon tumbang terjadi di lapangan Sidokabul, Kecamatan Umbulharjo dan menutup akses jalan. "Hujan disertai angin telah menyebabkan banjir, pohon tumbang dan longsor," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal