Jalur Sekitar YIA Berpotensi Macet saat Libur Natal dan Tahun Baru

Kuntadi ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 14:05 WIB
Jalur Sekitar YIA Berpotensi Macet saat Libur Natal dan Tahun Baru

Selasa (3/12/2019), petugas gabungan Dishub Kulonprogo dan Satlantas Polres Kulonprogo mengecek potensi macet di sekitar YIA pada libur nataru 2019. (Foto: Istimewa)

KULONPROGO, iNews.id – Dinas Perhubungan Kabupaten Kulonprogo memprediksi kemacetan akan terjadi di sejumlah ruas jalan di sekitar Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA (Yogyakarta International Airport) pada libur natal dan tahun baru (nataru) bulan Desember ini. Kemacetan bisa terjadi mulai pintu masuk bandara hingga simpang tiga menuju ke Pasar Glaeng yang menuju Purworejo melalui jalur jalan lintas selatan (JJLS).  

Kepala Seksi Operasional dan Pengendalian Dinas Perhubungan Kulonprogo Bhekti Nurada mengatakan potensi itu bisa terjadi karena posisi YIA yang berada di pinggir jalan nasional. Apalagi saat ini YIA sudah menerima sejumlah penerbangan dari luar daerah. Penumpang pesawat yang turun di YIA diprediksi melonjak pada libur nataru besok.

“Ada sejumlah titik yang berpotensi menimbulkan kemacetan di sekitar YIA seperti di tiga pintu masuk bandara, simpang tiga Pangkalan, dan sekitar Pasar Galeng. Ditambah dengan adanya proyek pembangunan underpass yang belum diketahui kapan peresmiannya. Hari ini kami turun ke lokasi untuk memetakan kerawanannya,” ujar Bhekti Nurada saat dihubungi Rabu (3/12/2019).

 

BACA JUGA: Bandara YIA Kulon Progo Rampung Akhir 2019, Slot Penerbangan Siap Ditambah

 

Bhekti mengatakan lalu lintas di pintu masuk dan pintu keluar YIA saat ini sudah cukup ramai. Dia memprediksi kendaraan yang keluar masuk bandara akan semakin padat saat libur nataru. Menurutnya kondisi macet bisa disebabkan menumpuknya kendaraan yang melalui jalan nasional selatan Jawa.

Dia berharap pembukaan underpass YIA bisa dilakukan tepat waktu pada 6 Desember 2019 mendatang untuk memperlancar kendaraan masuk ke kawasan bandara. Selain itu Dinas Perhubungan Kulonprogo akan menerjunkan sejumlah personil untuk membantu mengurai kemacetan bila terjadi.

“Peninjauan ini kami lakukan bersama Satlantas Polres Kulonprogo. Kami akan menerjunkan 35 personil selama sepekan mulai 24 Desember sampai 31 Desember nanti,” katanya.

 

BACA JUGA: 3 Isu Besar Terpa Bandara YIA Kulonprogo, Salah Satunya Gempa Megathrust

 

Sementara itu Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Kulonprogo AKP Didik Purwanto mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan dan mendirikan pos pantau. Dia mengaku akan menyiapkan personil di objek wisata dan sejumlah titik-titik yang berpotensi macet selama nataru.

“Kami juga sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas dan petugas yang terus bergerak untuk mengurai jika terjadi kemacetan,” kata Didik Purwanto.


Editor : Rizal Bomantama