Jelang Jabat Kepala BKKBN, Hasto Mutasi Puluhan Pejabat Pemkab Kulonprogo

Kuntadi ยท Rabu, 22 Mei 2019 - 17:12 WIB
Jelang Jabat Kepala BKKBN, Hasto Mutasi Puluhan Pejabat Pemkab Kulonprogo

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menyalami pejabat yang dilantik. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengambil sumpah jabatan dan melantik sejumlah pejabat eselon II dan IV di lingkungan Pemkab Kulonprogo.

Pelantikan tersebut merupakan kegiatan terakhir bupati sebelum menduduki jabatan baru sebagai Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Mungkin ini mutasi jabatan yang terakhir,” tutur Hasto usai melantik pejabat di Gedung Kaca, Kompleks Pemkab Kulonprogo, Rabu (22/5/2019).

Hasto mengaku belum tahu pasti kapan dirinya akan dilantik menjadi kepala BKKBN. Meskipun sudah bertemu dengan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan juga Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani di Jakarta, sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai wacana itu. “Belum ada perkembangan, mungkin setelah 22 (Mei),” ujar Hasto sambil tertawa.

BACA JUGA: Sore Ini, Anies Rotasi 1.100 Pejabat Mulai Kepala Dinas hingga Lurah

Pejabat yang dilantik ini terdiri atas 30 pejabat struktural, 53 pejabat fungsional tertentu, 11 kepala sekolah dan 41 bidan, serta 11 kepala sekolah, dan 41 bidan serta 1 perawat.

Di antaranya Kepala Dinas Pertanian dan Pangan yang dijabat Aris Nugraha, kepala Dinas Perdagangan Iffah Mufidati dan beberapa pejabat esselon III lainnya. “Mutasi jabatan seperti ini hal biasa, untuk pengembangan SDM,” ucap Hasto.

Usai dilantik, setiap pejabat diminta untuk menandatangani pakta integritas. Integritas merupakan standar moralitas dan etika pribadi. Setiap sikap harus menyatunya pikiran, perkataan, perbuatan. Harus Jujur, Komitmen, Konsisten.

“Pejabat harus mau belajar dan banyak membaca, jangan seperti dalam istilah monkey see monkey do.  Pemimpin juga mempunyai sifat-sifat kepahlawanan, seperti ikhlas, visioner dan sederhana,” katanya. 

 

 


Editor : Kastolani Marzuki