Job Fair 2019 di Yogya, Ada 6.645 Loker bagi Lulusan SD hingga Perguruan Tinggi

Kuntadi ยท Rabu, 10 Juli 2019 - 23:19 WIB
Job Fair 2019 di Yogya, Ada 6.645 Loker bagi Lulusan SD hingga Perguruan Tinggi

Suasana saat Job Fair 2019 di Wisma LPP, Yogyakarta, Rabu (10/7/2019). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggelar Job Fair 2019 di Wisma LPP, Yogyakarta, Rabu hingga Jumat (10-12/7/2019). Sedikitnya ada 6.645 lowongan yang disiapkan bagi para pencari kerja (pencaker) mulai dari lulusan SD hingga perguruan tinggi.

“Peluang lowongan kerja (loker) ada lebih dari 6.000-an. Ini menjadi bukti kepedulian Pemerintah Kota Yogya dalam menyediakan lapangan pekerjaaan bagi angkatan muda,” ujar Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Yogyakarta Lucy Irawati, Rabu (10/7/2019).

Dia menjelaskan, gelaran job fair kali ini sedikit ada perubahan mekanisme dari yang sebelumnya. Di mana pencaker harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Mereka nantinya akan mendapat banyak informasi secara mudah dan lengkap tentang profil perusahaan, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, serta bidang apa saja yang dibutuhkan.

“Konsep tahun ini kami lakukan secara online,” katanya.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, pemerintah terus berupaya menciptakan lapangan kerja baru. Termasuk menyediakan berbagai pelatihan kepada pencaker dalam menghadapi era digitalisasi. Di samping itu juga menyedikan sarana bagi para pencaker untuk dapat mengembangkan potensinya.

“Salah satu yang pemerintah lakikan dengan kegiatan bursa kerja ini,” ujarnya.

Menurutnya, job fair merupakan media untuk memfasilitasi dan memberi kemudahan bagi perusahaan yang sedang mencari calon karyawan baru. Di sisi lain, juga untuk memberi kemudahan bagi para pencaker untuk mendapat pekerjaan sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang dimiliki.

“Harapan kami, kepentingan perusahaan dan pencari kerja bisa bertemu,” ujarnya.


Editor : Donald Karouw