Kadarmanto Baskoro Aji Dilantik Jadi Sekda DIY, Ini Pesan Sultan HB X

Kuntadi ยท Rabu, 06 November 2019 - 16:13 WIB
Kadarmanto Baskoro Aji Dilantik Jadi Sekda DIY, Ini Pesan Sultan HB X

Suasana saat Gubernur DIY Sultan HB X melantik Kadarmanto Baskoro Aji sebagai sekda. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono (HB) X melantik Kadarmanto Baskoro Aji sebagai Sekretaris daerah (Sekda). Pelantikan ini dilangsungkan di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, dengan disaksikan Rektor UGM Panut Mulyono dan Rektor UNY Sutrisna wibawa, Rabu (6/11/2019).

Menurut Sultan, banyak tugas yang menanti sekda DIY mulai dari mewujudkan Kota Aerotropolis, meningkatkan sarana dan prasarana konektivitas Bandara YIA, baik dari arah Yogyakarta ataupun Joglosemar hingga Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dan Pelabuhan Tanjung Adikarto.

Selain itu, sekda DIY yang baru juga harus mampu mewujudkan agro tecnopark, kawasan ekonomi khusus (KEK) hingga kawasan startegis Keistimewaan DIY.

“Sekda harus hadir sebagai akselerator pembangunan,” ujar Sultan saat melantik Kadarmanto Baskoro Aji, Rabu (6/11/2019).

BACA JUGA: Pemprov DIY Klaim Butuh 5.000-an Formasi CPNS, Jatah dari Pusat Hanya 718

Sultan mengungkapkan, jabatan sekda merupakan pimpinan tingga madya dalam kepegawaian DIY. Sekda sebagai pembina ASN yang bisa menggantikan peran kepala daerah secara akuntabilitas.

“Jabatan ini merupakan amanah yang perlu komitmen, kemauan dan tanggung jawab,” katanya.

Sultan juga mengingatkan agar sekda mampu mengorganisasi birokrasi yang lebih bermakna kepada masyarakat. OPD harus dipacu tepat waktu dan memiliki solusi atas pemecahan masalah yang muncul.

“Mari jaga kesitimewaan DIY agar tetap lestari,” ucapnya.

Sementara itu, Kadarmanto mengaku siap melaksanakan tugas baru yang dipercayakan kepadanya. Apa yang disampaikan Sultan akan dilaksanakan dengan penuh tangung jawab.

“Apa yang menjadi ngendikane (ucapan) Sultan, itulah yang akan saya lakukan,” katanya.

Dengan dilantiknya Kadarmanto sebagai sekda, posisi kepala disdikpora mengalami kekosongan. Namun Sultan sudah mengangkat Kepala DPPKA Bambang Wisnu sebagai plt kepala disdikpora.


Editor : Donald Karouw