Keluarga Besar UGM Bangga Sardjito Jadi Pahlawan Nasional

Kuntadi ยท Sabtu, 09 November 2019 - 01:00 WIB
Keluarga Besar UGM Bangga Sardjito Jadi Pahlawan Nasional

Rektor UGM Panut Mulyono (kanan) bersama dengan tim mengangkat gambar Sardjito yang dianugerahi sebagai Pahlawan Nasional. (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id – Keluarga besar Universitas Gadjah Mada (UGM) bersyukur dan bangga atas anugerah gelar Pahlawan Nasional yang disematkan Pemerintah RI kepada mendiang Prof Dr Sardjito. Almarhum merupakan mantan rektor I UGM yang telah banyak berjasa bagi bangsa, khususnya ikut meletakkan dasar Pancasila dalam perguruan tinggi hingga lahirnya PMI di Indonesia.

“Beliau merupakan sosok ilmuwan sekaligus pejuang. Sardjito fokus dan aktif waktu di bidang pendidikan seperti di Budi Utomo,” ujar salah satu tim pengusul Prof Sutaryo.

Tim ini mulai mengusulkan Sardjito sebagai Pahlawan Nasional sejak 2011 silam. Setelah melalui perjalanan yang panjang, pemerintah akhirnya memberikan anugerah Pahlawan Nasional di tahun 2019.

“Perjuangan pengusulan ini sudah 9 tahun dan baru hari ini terealisasi,” kata Sutaryo.

BACA JUGA: Profil AA Maramis, Putra Minahasa yang Dianugerahi Pahlawan Nasional ke-9 asal Sulut

Menurutnya, almarhum Sardjito merupakan peletak Pancasila sebagai dasar perguruan tinggi di Indonesia. Dia juga ikut menjadi salah satu pendiri PMI dan banyak meneliti obat-obatan bagi rakyat maupun pejuang kemerdekaan.

“Ya sarjana komplet. Aktif di sosial, budaya, perdamaian dan seni rupa juga,” tuturnya.

Rektor UGM Panut Mulyono mengaku bangga dengan gelar dengan pemberian gelar Pahlawan Nasional tersebut. Dia berharap generasi muda dan para mahasiswa bisa meneladani perjuangan Sardjito.

“Semoga kita dapat meneladani semangat dan ketulusan almarhum dalam berjuang bagi masyarakat, bangsa dan negara,” kata Rektor.

Sementara itu pihak keluarga juga menyambut bahagia atas penghargaan ini. Bagi mereka, gelar Pahlawan Nasional menjadi anugerah istimewa bagi keluarga.

“Atas nama keluarga kami mengucapkan terima kasih kepada tim yang telah berjuang. Sungguh ini anugerah paling istimewa bagi kami keluarga,” kata seorang perwakilan keluarga Sardjito.


Editor : Donald Karouw