Kumpulkan Rongsok, Anak-Anak TPA di Bantul Ikut Bangun Masjid

Kuntadi ยท Senin, 25 Maret 2019 - 13:08 WIB
Kumpulkan Rongsok, Anak-Anak TPA di Bantul Ikut Bangun Masjid

Anak-anak di Bantul mencari uang dengan mengumpulkan rongsok untuk pembangunan masjid. (Foto: iNews.id/Kuntadi).

BANTUL, iNews.id – Para santri Taman Pendidikan Alquran (TPA) Masjid Kubah Emas Al Barokah di Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY, terlibat aktif dalam proses pembangunan masjid. Mereka menghimpun sampah dan barang rongsok dari rumah ke rumah lalu dijual ke pedagang.

Uang hasil penjualan ini kemudian disumbangkan kepada takmir masjid untuk membantu renovasi masjid. Uang yang terkumpul juga variatif, mulai dari ratusan ribu hingga pernah mencapau jutaan rupiah.

"Ini inisiatif sendiri. Kami ingin ikut membantu renovasi masjid," kata Dayat, salah satu santri TPA, Senin (25/3/2019).

Gerakan mengumpulkan barang bekas ini sudah dimulai sejak beberapa pekan lalu. Setiap hari Minggu, saat anak-anak libur mereka akan berkumpul dan melaksanakan aksi ini.

Setidaknya ada 20an anak-anak yang terlibat aktif dalam kegiatan ini. Menggunakan gerobak, mereka bahu-membahu mendorong gerobak agar bisa berkeliling kampung.

"Saya bangga dengan anak-anak ini, mereka pernah mengumpulkan barang bekas, dan dijual langsung ke pedagang, hasilnya mereka mampu memperoleh dana hingga Rp1 juta," ujar Ketua takmir Masjid, Musa Seo.

Takmir masjid dan orang tua mereka sama sekali tidak pernah mendorong mereka melakukan aksi peduli ini. Namun atas dasar inisiatif para santri-santri TPA itu sendiri.

TPA masjid Al Barokah, memiliki 100-an orang santri. Namun yang aktif hanya sekitar 30-an anak, baik putra putri. Tidak hanya dari warga sekitar, namun juga dari tetangga dukuh.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal