Lebih Gampang Bikin SIM, Warga Bisa Datangi Satpas Polres Kulonprogo

Kuntadi ยท Rabu, 16 Januari 2019 - 15:57 WIB
Lebih Gampang Bikin SIM, Warga Bisa Datangi Satpas Polres Kulonprogo

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM). (Foto: Istimewa).

KULONPROGO, iNews.id - Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Irjen Pol Ahmad Dhofiri, meresmikan Gedung Satuan Penyelenggaraan Administrasi SIM (Satpas) di Mapolres Kulonprogo, Rabu (16/1/2019). Proses pelayanan pembuatan SIM di daerah tersebut diharapkan lebih optimal.

Kapolda Ahmad meminta anggotanya bisa lebih prima dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Gedung baru ini tentunya harus didukung dengan profesionalisme tugas, agar masyarakat semakin nyaman.

"Bangunan Satpas ini sudah bagus dan inti bangunan ini pelayanan harus baik ke masyarakat," kata dia di sela peresmian Gedung Satpas di Mapolres Kulonprogo, DIY.

BACA JUGA: Perda Retribusi, Warga Kulonprogo Dikenakan Tarif Buang Sampah ke TPS

Menurut dia, perilaku anggota kepolisian dalam melayani masyarakat yang hendak membuat SIM harus lebih baik. Harapannya, dengan adanya kantor tersebut, maka semangat para anggota pun semakin kuat. Dengan begitu, masyarakat yang datang dapat dilayani secara maksimal.

Adanya gedung ini, masyarakat bisa membuat SIM dan memperpanjangnya langsung di sana. Pada 2018 sudah dibangun di Satpas di Polresta Yogyakarta, dan di Polres Sleman. Diharapkan tahun dengan bisa diikuti di Kabupaten Bantul dan Gunungkidul.

"Sebenarnya Bantul lebih dulu, tetapi terkendala lahan," ujar dia.

BACA JUGA: Mall Pelayanan Publik Hadir di Kulonprogo

Kapolres Kulonprogo, AKBP Anggara Nasution mengatakan, Satpas ini akan menjadi tempat untuk pelayanan SIM kepada masyarakat. Fokusnya untuk para pencari SIM baru. Apalagi di Mal Pelayanan Publik juga sudah ada layanan perpanjangan SIM.

"Kita fokus di SIM baru, perpanjangan bisa di Mall Pelayanan publik dan layanan keliling," kata Anggara.

Di gedung baru ini pelayanan akan lebih bagus dengan luasan mencapai 3.000 meter persegi. Sebelumnya hanya 1.800 meter persegi yang sangat terbatas bagi pencari SIM. Ïni akan menghindari antrean. "Pelayanan akan lebih cepat," ujar Kapolres.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal