Malam Menyambut Idul Fitri di Kulonprogo Dimeriahkan Lomba Takbir Keliling

Kuntadi ยท Rabu, 05 Juni 2019 - 02:01 WIB
Malam Menyambut Idul Fitri di Kulonprogo Dimeriahkan Lomba Takbir Keliling

Salah satu kontingen yang berpartisipasi dalam lomba takbir jalan kaki untuk menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah di Kabupaten Kulonprogo, DIY, Selasa (4/6/2019). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Malam takbiran di Kabupaten Kulonprogo, DIY, dimeriahkan dengan lomba takbir jalan kaki yang digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kulonprogo untuk menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Selasa (4/6/2019). Sebanyak 18 kontingen dengan berpartisipasi dalam lomba memperebutkan piala Bupati Kulonprogo ini.

Lomba takbir keliling ini diikuti beberapa kelompok Taman Pendidikan Alquran (TPA), remaja Islam masjid, dan masyarakat umum. Mereka menampilkan beberapa maskot yang dibawa di sepanjang rute. Bahkan tanpa menghilangkan takbir, peserta juga melakukan beberapa atraksi dan formasi yang cukup memikat masyarakat.

“Tahun ini ada 18 kelompok yang akan menempuh rute di seputaran Kota Wates,” kata panitia takbir jalan kaki, Andika Satya Pratama, Selasa (4/6/2019).


BACA JUGA: Ada Bom Bunuh Diri di Pospam Kartasura, Warga Tetap Antusias Ikut Malam Takbiran


Andika mengatakan, lomba takbir keliling jalan kaki rutin digelar setiap tahun pada malam Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Setiap tahun, jumlah peserta cenderung meningkat dan dengan kreasi serta inovasi maskot yang semakin menarik.

Sementara Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo dalam sambutannya mengatakan, setelah sebulan melaksanakan ibadah puasa, umat Muslim menyambut hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri. Dia berharap puasa yang telah dijalankan umat Muslim benar-benar menjadi ajang untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

“Puasa mampu membangun kepekaan dan kepedulian sesama umat dengan menyantuni fakir miskin dan duafa. Selama bulan puasa, umat Islam juga mengeluarkan zakat dan sedekah,” kata Hasto.

Bupati juga mengajak para peserta takbir keliling untuk menjaga ketertiban. Tidak kalah penting juga untuk senantiasa menjaga kebersihan. Jangan sampai membuang sampah di jalanan di sepanjang rute yang ditentukan.

“Menang dan kalah dalam lomba adalah hal biasa. Mari kita jaga kebersihan,” ujarnya.


Editor : Maria Christina