Merapi 2 Kali Muntahkan Awan Panas Sejauh 1 Km, Status Masih Waspada

Gunanto Farhan ยท Minggu, 21 April 2019 - 20:10 WIB
Merapi 2 Kali Muntahkan Awan Panas Sejauh 1 Km, Status Masih Waspada

Gunung Merapi kembali memuntahkan guguran awan panas sebanyak dua kali sejauh 1 km ke arah hulu Kali Gendol, Sleman. (Foto: iNews.id/Gunanto Farhan)

YOGYAKARTA, iNews.id - Gunung Merapi di perbatasan Jateng dan DIY kembali megeluarkan guguran awan panas sebanyak dua kali, Minggu (21/4/2019). Luncuran awan panas itu pertama terjadi pukul 06.00 WIB dan selang tiga jam kemudian tepatnya pukul 09.28 WIB.

Lontaran awan panas Gunung Merapi itu terpantau dari kamera CCTV milik BPBD Provinsi Jawa Tengah yang dipasang di Pos Induk Balerante, Kaliurang, Sleman. Dalam video itu terlihat jelas awan panas guguran yang meluncur sejauh 1,1 kilometer ke arah hulu Sungai Gendol, Cangkringan, Sleman.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mengimbau warga agar tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa meski Merapi kerap erupsi.

BACA JUGA:

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 1 Km

Jumat Pagi Gunung Merapi Sudah 2 Kali Muntahkan Wedus Gembel

Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi Kaliurang, Lasiman mengatakan, jarak luncur lava pijar disertai awan panas guguran tersebut masih berada dalam zona aman yaitu dalam radius 3 kilometer dari puncak gunung.

“Masih aman. Masyarakat diminta tetap tenang dan aktivitas seperti biasa, serta menjauhi zona bahaya yakni radius 3 km dari puncak,” katanya.

Lasiman menambahkan, hingga saat ini status gunung tersebut masih berada pada level dua atau Waspada. Erupsi dan guguran lava pijar yang sering terjadi dinilai masih dalam tahap wajar untuk gunung aktif.


Editor : Kastolani Marzuki