Muhammadiyah Keluarkan 10 Pernyataan Sikap terkait Hasil Pemilu 2019

Kuntadi ยท Kamis, 18 April 2019 - 16:25 WIB
Muhammadiyah Keluarkan 10 Pernyataan Sikap terkait Hasil Pemilu 2019

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan pernyataan sikap terkait hasil Pemilu 2019 di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Kamis (18/4/2019). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan pernyataan sikap terkait pelaksanaan Pemilu 2019. Ada 10 poin pernyataan sikap Muhammadiyah yang dituangkan dalam keputusan Nomor 12/PER/I.0/B/2019.

Pernyataan sikap itu ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Umum Abdul Mu'ti.

Haedar Nashir mengatakan, secara umum Pemilu 2019 sudah berjalan dengan baik dan dalam keadaan tertib dan damai.

Haedar menilai beberapa permasalahan yang muncul masih wajar sebagai bagian dari proses pemilu. Masalah tersebut harus diselesaikan dengan baik oleh KPU dan Bawaslu serta para pihak terkait.

“Terima kasih media yang ikut ciptakan suasana damai,” kata Haedar Nashir mengawali pernyataan sikap Muhammadiyah di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Kamis (18/4/2019).

BACA JUGA:

PBNU: Jangan Respons Hasil Quick Count Berlebihan

PP Muhammadiyah dan PBNU Serukan Masyarakat Tak Golput di Pemilu 2019

Berikut 10 poin pernyataan sikap yang dibacakan Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto. 

  1. Menyampaikan selamat kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah berpartisipasi, melayani, mendukung, mengamankan, pelaksanaan 17 April sehingga berjalan lancar, tertib, gembira aman dan damai. Terselenggaranya pemilu merupakan kemenangan dan bukti kedewasaan politik bangsa Indonesia.
  2. Hendaknya semua pihak menghormati pilihan rakyat dan menerima hasil pemilu yang akan resmi diumukan KPU dengan jiwa besar, ksatria, lapang hati, dan bijaksana. Apabila ada sengketa pemilu hendaknya diselesaikan dengan hukum yang dijamin konstitusi dengan dijiwai musyawarah untuk kemaslhatan bersama sebagai menjadi karakter bangsa Indonesia yang relugius berbudaya luhur dan terkandung dalam sila keempat Pancasila.

  3. Mengajak kepada semua pihak colling down yang ditunjukkan dengan sikap menahan diri, menjaga ketenangan bersabar menungu hasil perhitungan dan pengumumam resmi KPU. Masyarakat hendaknya tidak perlu terpengaruh banyaknya hasil quick count yang disajikan di media massa, media sosial dan ruang publik. Sebagai hasil karya ilmiah, survei merupakan sajian hitungan yang patut dihormati tetapi sama sekali tidak memengaruhi dan menentukan hasil pemilu.

    Editor : Kastolani Marzuki

    Halaman : 1 2