Nduga Diklaim Aman, Polri Lakukan Investigasi Keterlibatan OPM

Kuntadi ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 15:35 WIB
Nduga Diklaim Aman, Polri Lakukan Investigasi Keterlibatan OPM

Kepala Divisi Humas Polri, Brigjen Pol M Iqbal. (Foto: Okezone).

SLEMAN, iNews.id - Kepala Divisi Humas Polri, Brigjen Pol M Iqbal, memastikan kondisi di Kabupaten Nduga tepatnya Distrik Yigi, sudah dikuasai aparat TNI dan Polri. Pascapenyerangan terhadap para pekerja PT Istaka Karya, Kapolda dan Pangdam langsung memimpin operasi di lapangan.

"Alhamdulilah, kita sudah kuasai di Nduga," kata Iqbal di Mapolda DIY, Kabupaten Sleman, Jumat (7/12/2018).

Menurut dia, korban selamat dan tewas sudah dievakuasi. Saat ini, kata Iqbal, pihak Polri tengah melakukan investigasi sesuai dengan standar dan operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

BACA JUGA: Pembunuhan di Papua, Purnawirawan TNI AD: Itu Bukan KKB tapi GSB-OPM

Untuk menuntaskan kasus ini, TNI bersama Polri akan mengejar para pelaku penyerangan yang merupakan kelompok kriminal bersenjata. Mereka akan ditangkap dan diproses hukum untuk mempertanggungjawabkan perbuatan mereka.

Iqbal juga tidak mau berspekulasi atau mengiyakan pernyataan kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang mengklaim bahwa mereka bertanggung jawab atas tragedi di Kabupaten Nduga, Papua.

"Dasarnya adalah hasil investigasi di lapangan, apakah OPM ada kaitannya dengan peristiwa ini atau tidak," ujar dia.

Diakuinya tidak mudah bagi petugas untuk menguasai medan di Kabupaten Nduga. Sebab wilayah tersebut merupakan wilayah perbukitan dengan lembah dan jurang. Sementara cuacanya juga gelap. Faktor keamanan menjadi salah satu pertimbangan.

BACA JUGA: Panglima TNI: Korban Penembakan KKB Pahlawan Pembangunan Papua

"Kita tuturnkan tim professional yang berpengalaman. Mereka tidak akan grusa-grusu. Kita akan jamin Papua aman," katanya.

Iqbal juga memastikan gangguan keamanan di Papua tidak akan mengganggu progres pembangunan daerah. Seperti dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa pembangunan akan terus berjalan.

Negara tidak boleh kalah dengan siapapun, apalagi oleh kelompok kriminal bersenjata. TNI dan Polri siap untuk mengamankan semua proyek dan program pemerintah yang akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

"Meskipun ini keji sekali, karena mereka bekerja untuk kesejahteraan masyarakat di sana," ujar Iqbal.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal