Operasi Zebra 2018, Polres Kulonprogo Tindak 800 Pelanggar Lalu Lintas

Kuntadi ยท Jumat, 02 November 2018 - 18:26 WIB
Operasi Zebra 2018, Polres Kulonprogo Tindak 800 Pelanggar Lalu Lintas

Pengendara motor saat terjaring dalam Operasi zebra 2018 yang dilaksanakan Polres Kulonprogo, Jumat (2/11/2018). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Ratusan pengguna kendaraan terjaring Operasi Zebra 2018 yang digelar Polres Kulonprogo. Dalam tiga hari terakhir, petugas telah menindak lebih dari 800 pengendara sepeda motor maupun roda empat yang melakukan pelanggaran berlalu lintas.

“Hari ini ada 112 pelanggar yang kami tindak,” kata Kabag Ops Polres Kulonprogo Kompol Sudarmawan, didampingi Kasatlantas Polres Kulonprogo AKP Maryanto, Jumat (2/11/2018).

Menurutnya, polisi secara serentak melaksanakan Operasi Zebra 2018 di seluruh wilayah selama 14 hari. Tidak hanya menindak setiap pelanggaran, namun juga memberikan sosialisasi dan imbauan. Bahkan tidak jarang petugas membantu mengaitkan tali helm yang lupa dipakai pengendara sepeda motor.

"Kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas masih rendah. Padahal pelanggaran ini menjadi salah satu sumber kecelakaan,” ucapnya.


BACA JUGA:

3 Hari Operasi Zebra Jaya, Polisi Tilang 22.842 Pelanggar Lantas

Sempat Coba Kabur, Pengendara Moge Terjaring Operasi Zebra di Cimahi


Kasatlantas Polres Kulonprogo AKP Maryanto mengungkapkan, dalam razia kali ini mereka berkoordinasi dengan semua unsur kesatuan yang ada di jajaran polsek dan polres. Baik dari internal Satlantas, Reskrim, Intelkam, hingga Sabhara. Bahkan dari dokter dan kesehatan juga ikut diterjunkan dalam razia kali ini untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

“Setiap hari kami laksanakan razia dan lakukan pendataan. Hingga hari ketiga ini sudah lebih dari 800 pelanggaran,” tuturnya.

Sementara itu salah satu pengendara yang terjaring razia, Hafid Muntarkam mengakui kesalahannya. Hingga saat ini dia belum memiliki surat izin mengemudi (SIM), dia juga tidak memasang spion dan membawa STNK. “Saya ditilang karena tidak punya SIM dan bawa STNK,” ujar pelajar tersebut.

Selain menindak para pengendara sepeda motor, petugas juga memeriksa surat kelengkapan dari para pengemudi mobil maupun truk. Kendaraan yang tidak lengkap surat langsung diberikan sanksi tilang. Pelanggaran yang paling banyak ditindak antara lain tidak memiliki SIM, tak membawa STNK, tidak memakai helm hingga kelengkapan berkendaraan lainnya.


Editor : Donald Karouw