Pasar Murah di Kulonprogo, Warga Buru Baju Bekas untuk Lebaran

Kuntadi ยท Kamis, 23 Mei 2019 - 13:06 WIB
Pasar Murah di Kulonprogo, Warga Buru Baju Bekas untuk Lebaran

Warga saat memadati stan baju bekas pantas pakai dalam kegiatan Pasar Murah Dinas Koperasi dan UMKM Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Ratusan warga memadati pasar murah yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UMKM Kulonprogo bersama mitra kerja di Gazebo Rumah Dinas Bupati, Kamis (23/5/2019). Salah satu stan yang paling ramai dikunjungi yakni milik Dharma Wanita Persatuan. Di tempat ini menjual berbagai pakaian bekas pantas pakai dengan harga murah milik PNS.

Pantauan iNews.id, mayoritas warga kurang sibuk memilik paket baju bekas yang disediakan stan tersebut. Setiap paketnya dijual dengan harga Rp2.000 hingga Rp5.000.

“Kami jual dengan harga sangat murah untuk membantu warga kurang mampu,” ujar Bendahara Dharma Wanita Persatuan Retno Wisnu Wardhana, di sela kegiatan, Kamis (23/5/2019).


Dia mengatakan, telah menyiapkan 300 paket pakaian pantas pakai dalam pasar murah tersebut. Pakaian ini merupakan pengumpulan dari setiap organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Kulonprogo, DIY. Mereka disurati untuk menyediakan pakaian pantas pakai yang akan dijual pada kegiatan pasar murah.

BACA JUGA: Warga Kulonprogo Antusias Tukarkan Uang Pecahan Baru di Mobil BI

Nah, dari setiap pakaian yang terkumpul, nantinya disortir dan dikemas kemudian diberi label harga. Karena tujuannya membantu warga kurang mampu, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

“Pasar murah seperti ini rutin kami gelar setiap tahun dan animo masyarakat cukup bagus,” kata Retno.

Seorang warga mengaku sengaja datang dengan keluarga besarnya. Dia memborong beberapa paket pakaian bekas. Bukan baru kali ini, namun sudah hampir setiap tahun dia ikut ambil bagian dalam pasar murah tersebut.

“Kalau yang bagus bisa dipakai buat lebaran. Pakaian yang biasa untuk dipakai sehari-hari,” ucap Samirah, seorang buruh pembuat sapu tersebut.

Sementara itu, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menyambut baik kegiatan pasar murah dan mengapresiasi banyaknya BUMD dan BUMN yang ikut tergerak menyalurkan bantuan. Di mana bantuan ini diberikan kepada para tukang becak, petugas kebersihan dan juga warga kurang mampu.

“Semoga ini bisa membantu warga untuk mendapatkan kebutuhan menjelang lebaran,” ujar Hasto.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sri Harmintarti mengatakan, penyelenggaran kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat. Dikhususkan dapat menyentuh para duafa agar bisa menikmati dan merayakan lebaran.

“Kami juga gandeng Tomira yang menjadi mitra untuk memasarkan produk UMKM di Kulonprogo,” tuturnya.


Editor : Donald Karouw