Pascapenembakan Pos Polisi Siluwok, Tidak Ada Pengamanan Ekstra di Kulonprogo

Kuntadi ยท Jumat, 05 Juli 2019 - 10:56 WIB
Pascapenembakan Pos Polisi Siluwok, Tidak Ada Pengamanan Ekstra di Kulonprogo

Polisi menunjukkan bekas tembakan di Pos Polisi Siluwok di Jalan Nasional Wates-Purworejo di Siluwok, Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, DIY, Jumat (5/7/2019). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Pascapenembakan Pos Polisi (Pospol) Siluwok di Jalan Nasional Wates-Purworejo di Siluwok, Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, DIY, pada Kamis (4/7/2019), tidak ada pengamanan ekstra dilakukan aparat kepolisian. Teror seperti itu dianggap hal biasa dan tidak perlu membuat khawatir.

“Kami tidak takut teror. Kejadian kemarin adalah hal biasa,” kata Kasubbag Humas Polres Kulonprogo AKP Sujarwo di Kulonprogo, Jumat (5/7/2019).

Sujarwo mengatakan, penembakan pospol yang dilakukan orang tak dikenal (OTK) pada Kamis pagi, bukanlah kejadian spesial. Praktis tidak ada penambahan personel kepolisian yang berjaga di pos tersebut. Pengamanan dilakukan seperti hari-hari biasa.

“Kami tetap biasa dan kalau ada kegiatan yang ditingkatkan bukan karena masalah penembakan ini,” ujar Sujarwo.


BACA JUGA: Pos Polisi Siluwok di Jalan Nasional Wates-Purworejo Ditembak Orang Tak Dikenal


Saat ini, Reskrim Polsek Pengasih didukung Polres Kulonprogo dan Direskrimum Polda DIY terus menyelidiki pelaku dan motif penembakan pos polisi. Mereka juga berkoordinasi dengan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri.

Setidaknya sudah ada tiga orang yang diperiksa sebagai saksi atas kejadian ini. Polisi juga menyelidiki dengan melihat rekaman kamera CCTV yang ada di sekitar lokasi kejadian.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Kulonprogo AKP Maryanto meminta kepada personel untuk meningkatkan kewaspadaan, peka dan tanggap terhadap lingkungan. Polres Kulonprogo akan terus memberikan pelayanan kepada masyarakat secara rutin, termasuk melakukan patroli keamanan.

“Kami tetap lakukan pelayanan kepada masyarakat seperti biasa,” ujarnya.

BACA JUGA:

Polda DIY Gandeng Densus 88 Buru Pelaku Penembakan Pos Polisi Siluwok

Pos Polisi Siluwok Ditembak OTK, Kapolres Kulonprogo: Diduga Senjatanya Air Gun

Pospol Siluwok yang terletak di jalan nasional Wates-Purworejo tepatnya di Siluwok, Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi DIY, ditembak OTK, Kamis pagi (4/7/2019).

Tukang ojek yang menjadi saksi mata, Marsono mengatakan, saat kejadian, dirinya tengah berada di belakang Pospol Siluwok menunggu penumpang. Sekitar pukul 04.00 WIB, dirinya melihat ada dua pria berboncengan sepeda motor.

Mereka melintas dari arah Purworejo ke arah timur, tujuan Wates. Namun hanya sekitar 200 meter berjalan, motor ini kembali. Saat melintas di depan pos inilah terdengar suara benturan yang cukup keras. “Saya kaget, saya mendengar suara prakk keras,” ujarnya.

Usai menembak, pelaku langsung tancap gas ke arah Purwworejo. Namun, saksi tidak bisa melihat secara detail kedua pelaku. Dia hanya sempat melihat perawakan keduanya kecil dan menggunakan jaket. “Keduanya tidak pakai helm, terus lari ke arah barat,” katanya.


Editor : Maria Christina