Patung Raksasa Presiden BJ Habibie Segera Hiasi Kota Gorontalo

Trisna Purwoko ยท Selasa, 27 November 2018 - 04:28 WIB
Patung Raksasa Presiden BJ Habibie Segera Hiasi Kota Gorontalo

Lokasi pengerjaan Patung BJ Habibie di Bantul, DIY. Patung ini akan didirikan di Kota Gorontalo. (Foto: iNews/Trisna Purwoko)

BANTUL, iNews.id – Masyarakat Gorontalo mulai awal tahun 2019 akan memiliki sebuah ikon baru berupa patung raksasa Presiden RI ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Patung perunggu setinggi tujuh meter dan berat empat ton itu akan didirikan di lokasi Simpang Outer Ringroad, yang berdekatan dengan Bandara Jalaluddin, Gorontalo.

Pengerjaan patung BJ Habibie ini dibuat seniman asal Bantul, DIY, bernama Lutse Lumbert Daniel Morrin dan Soewardi. Pembuatannya sesuai dengan pesanan Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie.

“Pembangunan patung ini sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih kepada sosok BJ Habibie, yang merupakan putra Gorontalo atas karya besarnya di bidang kedirgantaraan Indonesia dan menjadi Presiden ketiga Indonesia,” ujar Gubernur Gorontalo saat kunjungannya di lokasi pengerjaan patung tersebut di Dusun Kentolan Guwosari, Pajangan, Bantul, Senin (26/11/2018).

Dalam kunjungan itu, Gubernur Rusli Habibie menanyakan kepada seniman pembuat patung tentang kesiapan dan proses pengangkutan dari Bantul menuju Gorontalo. Menurut rencananya, patung ini akan dibawa ke Gorontalo akhir Desember mendatang dan sudah bisa terpasang diawal Januari 2019.


Untuk dapat membuat patung tokoh nasional yang berukuran besar dan memiliki kemiripan dengan sang tokoh kedirgantaraan Indonesia tersebut, Ludse Lambert bersama Soewardi mengaku harus mengenal secara dekat BJ Habibie, termasuk berbicara dari hati ke hati dengan mantan Presdien RI ketiga tersebut.

Dari hasil perbincangan inilah kemudian bisa ditemukan sample ekspresi wajah yang mirip dengan sosok beliau hingga proses pembuatan patung dari bahan perunggu dikerjakan.

Setidaknya, dibutuhkan enam bulan penuh untuk mengerjakan patung tersebut. Baik mulai sketsa, pembuatan cetakan hingga pengecoran perunggu menjadi lempengan bagian kecil tubuh patung, yang kemudian dirangkai kembali dengan menggunakan las.

“Patung setinggi tujuh meter ini pesanan langsung dari gubernur Gorontalo dan kami buat selama enam bulan. Sosok BJ Habibie merupakan putra kelahiran Gorontalo,” ujar seniman Lutse Lambert Daniel Morrin.

Diketahui, patung berukuran besar ini merupakan karya baru seniman Bantul yang menghiasi berbagai kota di Indonesia. Sebelumnya seorang seniman bantul juga berhasil membuat patung Yesus Memberkati berukuran besar yang saat ini terpasang di kawasan ring road Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut).


Editor : Donald Karouw