Pemkab Kulonprogo Bekali Tenaga Kerja Bandara YIA Pelatihan Kompetensi

Kuntadi ยท Kamis, 08 Agustus 2019 - 10:55 WIB
Pemkab Kulonprogo Bekali Tenaga Kerja Bandara YIA Pelatihan Kompetensi

Pemerintah Kabupaten Kulonprogo membekali tenaga kerja Bandara YIA. (Foto: Istimewa).

KULONPROGO, iNews.id – Pemerintah Kabupaten Kulonprogo membekali tenaga kerja Bandara (Yogyakarta Internasional Airport/YIA) dengan pelatihan berbasis kompetensi. Dalam kegiatan ini, ada 208 warga yang mengikuti pelatihan agar lebih terampil.

Pelatihan ini sebanyak 13 paket, di antarnya pelatihan institusional, pembuatan hiasan busana, otomotif, desain grafis, front liner, house keeping, ground staff, cargo staff, dan avsec. Kemudian, pramugari dan pelatihan pembuatan roti.

"Pelatihan ini kita laksanakan selama 40 hari mulai 29 Juli sampai 13 September mendatang," kata Kepala BLK Kulonprogo, Saryono, Rabu (7/8/2019).

BACA JUGA: Bawa 116 Penumpang, AirAsia Mendarat Perdana di Bandara Internasional Yogyakarta

Sedangkan untuk pelatihan Pramugari, Avsec, Cargo staff dan ground staff selama 30 hari. Mereka ini dipersiapkan agar bisa terserap dalam lapangan kerja seiring operasionalisasi Bandara YIA di Kabupaten Kulonprogo.

"Animo masyarakat cukup tinggi, pada akhir Juli pendaftar mencapai 2.958 orang, dengan jumlah terbesar pada pelatihan kebandarudaraan sejumlah 869 orang," ujarnya.

Assek II Setda Kulonprogo, Bambang Tri Budi Harsono mengatakan, kompetisi di dunia kerja saat ini semakin ketat, sehingga membutuhkan sumber daya manusia (SDM) andal. Mereka tidak hanya memiliki keahlian namun harus terampil dalam persaingan kerja.

BACA JUGA: Bandara Ngurah Rai Kebakaran, AirAsia Pindahkan Lokasi Check In

Dengan adanya Bandara YIA, kata dia, harus mampu menjadi daya ungkit bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Warga di Kabupaten Kulonprogo diminta tak hanya menjadi penonton saja, namun harus terserap dalam lapangan kerja.

"Adanya pelatihan berbasis kompetensi ini untuk mengembangkan kompetensi kerja sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya melalui pelatihan kerja. Dan pada akhirnya dapat merebut peluang emas bekerja di YIA," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal