Pemkab Kulonprogo Segera Bangun Gedung Mal Pelayanan Publik

Kuntadi ยท Kamis, 15 Maret 2018 - 20:52 WIB
Pemkab Kulonprogo Segera Bangun Gedung Mal Pelayanan Publik

Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo (empat kanan) saat menerima keunjungan kerja dari Kemenpan-RB. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo, DIY optimistis mampu mewujudkan Mal Pelayanan Publik (MPP) tahun ini.

Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengatakan saat ini sudah ada rencana untuk membangun gedung MPP dan diharapkan bisa soft launching sekitar akhir tahun 2018. “Untuk launching-nya kita targetkan pada 2019,” kata Sutedjo seusai menerima kunjungan kerja Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Diah Natalisa, Kamis (15/3/2018).

MPP, kata Sutedjo, merupakan upaya untuk memberi layanan terbaik dan memusat dari pemerintah kepada masyarakat. Masyarakat akan menghemat waktu, tenaga, dan biaya, karena tidak perlu banyak tempat dalam mengurus kebutuhan. Sebab dalam mengurus segala sesuatu sudah terpusat di satu tempat. “Hanya diperlukan koordinasi-koordinasi yang serius di OPD (organisasi perangkat daerah) saja,” katanya.

Pendirian MPP ini bertujuan memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat. Pembangunan akan dilakukan pada tahun ini dan harus sudah soft launching di akhir tahun, meskipun layanan baru beberapa jenis layanan. “Tahun 2019 pelayanan harus sudah maksimal, sudah banyak,” ucapnya. 

Pemkab Kulonprogo juga sudah membentuk Satgas Percepatan Pelaksanaan Mal Pelayanan Publik di Kulonprogo. Bupati sudah mengeluarkan surat keputusan (SK) terkait pembangunan MPP.

Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Diah Natalisa mengatakan kunjungan ini untuk mengecek progres dan kesiapan Kabupaten Kulonprogo dan Bantul dalam membangun MPP. “Kita ingin mengecek progresnya seperti apa,” kata Diah di Kulonprogo.

Rombongan dari Kemenpan-RB diterima Wakil Bupati Sutedjo bersama Pelaksana harian (Plh) Sekda Djoko Kus Hermanto, Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Agung Kurniawan dan Kabag Organisasi Setda, Sarji.

Sebelumnya Kabupaten Bantul dan Kulonprogo telah menandatangani komitmen dalam penyusunan MPP dengan Menteri PAN dan RB Asman Abnur pada 7 Februari 2018 lalu. “Kita juga menyerahkan buku Top 40,” ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki